nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi: Selamat Hari Raya Nyepi untuk Saudaraku Umat Hindu

Qur'anul Hidayat, Jurnalis · Kamis 07 Maret 2019 11:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 07 337 2026959 jokowi-selamat-hari-raya-nyepi-untuk-saudaraku-umat-hindu-yqLqzC4bDB.JPG Jokowi mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu. (Foto: Instagram @jokowi)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1941 bagi seluruh umat Hindu di Tanah Air.

Jokowi menyampaikan ucapannya lewat akun Instagram dan media sosial lainnya.

Jokowi menggambarkan bahwa umat Hindu hari ini "menjauh dari keramaian dan belantara hawa nafsu, melepaskan diri dari perasaan amarah, dengki, dan iri, bersunyi untuk menemukan jati diri ...." tulis @jokowi, seperti dikutip Okezone, Kamis (7/3/2019).

Berdasarkan artikel dari situs balipedia.id, Nyepi berasal dari kata sepi yang artinya sunyi, senyap, lengang, tidak ada kegiatan.

Hari Raya Nyepi adalah Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender Saka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi (tiap 1 januari), Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi dan melaksanakan catur brata penyepian.

Tidak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandara Internasional Ngurah Rai pun tutup, namun tidak untuk rumah sakit.

(qlh)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini