Millenial Bandara SAMS Sepinggan Edukasi Pelajar SMAN 5 Balikpapan

Risna Nur Rahayu, Okezone · Jum'at 08 Maret 2019 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 08 1 2027394 millenial-bandara-sams-sepinggan-edukasi-pelajar-sman-5-balikpapan-T0t1mASZck.jpeg Ilustrasi bandara (Foto: Pexels)

SEPINGGAN - Anak-anak millenial Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan melaksanakan kegiatan edukasi dengan tema "Aerodrome Safety For Millenials". Acara ini diikuti ratusan siswa siswi SMA Negeri 5 Balikpapan pada Jumat 1 Maret 2019.

Kegiatan yang digelar di aula SMA Negeri 5 Balikpapan dibuka langsung oleh Airport Rescue Fire & Fighting (ARFF) Section Head PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, I Made Madi. Para siswa dikenalkan tugas dan fungsi salah satu unit penting di Bandara yaitu ARFF. Tujuannya, para siswa nantinya memiliki pengetahuan dalam proses penyeleamatan jika terjadi kebakaran.

"Selain itu dalam kegiatan ini paparan materi kebandarudaraan juga menjadi bahan pengetahun bagi pelajar," ujar I Made Madi.

I Made Madi lebih lanjut mengatakan, meskipun baru pertama kali digelar, kegiatan “Goes To SMA Negeri 5 Balikpapan” mendapat antusiasme dari para pelajar. "Banyak yang bertanya kepada kami hingga hal-hal di luar materi ARFF dan kami tetap menjawab sesuai kapasitas kami," ungkap I Made Madi.

I Made Madi berharap kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan sebagai salah satu perwujudan Misi PT Angkasa Pura I (Persero) yakni memberikan konstribusi positif pada kelestarian lingkungan.

Sebagai kegiatan penutup, praktek pemadaman api menggunakan pakaian dan alat pemadam oleh petugas serta sebagian siswa ikut mempraktekkan. Disamping itu para guru menyambut baik kegiatan tersebut.

Sementara itu, salah satu siswi yang ditemui, Puspitasari, mengaku edukasi yang diberikan Angkasa Pura I Balikpapan sangat penting karena menambah wawasan dan pengetahuan.

“Saya dan teman-teman senang bisa mengikuti kegiatan ini karena kita lebih mengetahui apa saja yang ada di bandara, seperti fasilitas dan pelayanannya serta unit kerja yang cukup penting di bandara yaitu ARFF," katanya.

“Pengetahuan yang kita dapat dari materi dan praktek hari ini tentu dapat diterapkan jika terjadi kebakaran contohnya kita siap melakukan upaya pemadaman sesuai prosedur pemadaman yang baik dan benar," tutupnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini