nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal Turis Asing Tabrak Terumbu Karang di Raja Ampat, Warga Meradang

Chanry Andrew S, Jurnalis · Minggu 10 Maret 2019 09:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 10 340 2027999 kapal-turis-asing-tabrak-terumbu-karang-di-raja-ampat-warga-meradang-DocYDBxWIq.jpg (Foto: Facebook)

WAISAI - Kerusakan karang akibat ditabrak kapal turis kembali terjadi di perairan Raja Ampat. Kali ini, kapal bermuatan wisatawan mancanegara menghantam karang di Perairan Friwen, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu 9 Maret 2019.

Kapal layar atau yacht berwarna putih dan bertuliskan ‘WOW’ sempat ditahan warga setempat karena merusak karang hidup yang merupakan area lokasi penyelaman. Pasalnya, kapal tersebut kandas di atasnya.

Kejadian ini sempat viral di Facebook karena diunggah oleh akun bernama Melki Dimara. Dijelaskan dalam unggahan bahwa kapal turis tersebut milik seorang warga Filipina yang tengah membawa belasan turis asing.

Foto: Facebook

"Ini nama kapal. Katanya pemiliknya orang Filipina, Teman-teman ini kapal yang tabrak reef (terumbu karang) di Friwen lokasi diving. Saya dan kawan-kawan sudah tahan kapal," tulis Melki.

(Baca juga: Perusak Terumbu Karang Raja Ampat Harus Diproses Hukum)

Kejadian tersebut sempat membuat warga setempat marah dan mengejar yacht dan meminta bantuan warga lainnya untuk menghubungi Polres Raja Ampat.

"Kami marah dan sempat kejar kapal tersebut dan kami tahan, namun karena kami tidak punya kewenangan menahan kapal, warga kami langsung laporkan kejadian ini ke Polres Raja Ampat agar ada proses hukum," kata Sem, warga Kampung Friwen.

Sementara itu, Kapolres Raja Ampat, AKBP Edy Setyanto Erning, yang dikonfirmasi Okezone membenarkan peristiwa ini.

"Anggota kami telah turun ke tempat kejadian perkara guna menghimpun data-data lapangan untuk penyelidikan lebih lanjut, kami masih selidiki dulu guna mengungkapkan data dan kasus ini masih proses penyelidikan," kata Edy.

(qlh)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini