Menlu AS Nyatakan Dukung India dalam Perangi Terorisme

Agregasi VOA, · Selasa 12 Maret 2019 08:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 12 18 2028753 menlu-as-nyatakan-dukung-india-dalam-perangi-terorisme-jd5JSC3tog.jpg Menlu AS Pompeo (Reuters)

AMERIKA SERIKAT - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bertemu dengan mitranya dari India di Washington hari Senin (11/3/2019) waktu setempat dan mengatakan Amerika mendukung India dalam memerangi terorisme.

Setelah pertemuan Pompeo dengan Menteri Luar Negeri India Vijay Gokhale, Departemen Luar Negeri AS mengatakan kedua menlu membahas pentingnya menyeret ke pengadilan, mereka yang bertanggung jawab atas serangan bunuh diri terhadap konvoi paramiliter India yang diklaim oleh militan yang berbasis di Pakistan.

 Baca juga: Pasukan Pakistan-India Baku Tembak, 1 Warga Sipil Tewas

Departemen Luar Negeri mengatakan kedua diplomat tersebut membahas "pentingnya Pakistan segera mengambil tindakan yang berarti terhadap kelompok-kelompok teroris yang beroperasi di negaranya."

 https://img-k.okeinfo.net/content/2016/03/08/18/1330737/bendera-setengah-tiang-untuk-nancy-reagan-YbK8oA0Djm.jpg

Bulan lalu, seorang pembom bunuh diri menewaskan 40 pasukan paramiliter India dalam sebuah konvoi di wilayah Kashmir yang disengketakan.

 Baca juga: Foto Satelit Tunjukkan Gedung Madrasah Masih Berdiri di Lokasi Serangan Udara India

Kelompok militan yang bermarkas di Pakistan yang dikenal sebagai Jaish-e-Mohammad mengaku bertanggung jawab atas kekerasan di distrik Pulwama.

India berjanji untuk menghukum Pakistan karena melindungi para militan, dengan mengatakan bahwa pimpinan militer India telah diberikan "kebebasan" untuk mengambil tindakan apa pun yang diperlukan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini