nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hutan Konservasi Taman Wisata Alam Sungai Dumai Riau Terbakar

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Selasa 12 Maret 2019 02:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 12 340 2028691 hutan-konservasi-taman-wisata-alam-sungai-dumai-riau-terbakar-6JP6Xuu8MQ.jpg Kebakaran hutan di Bengkalis, Riau. (Dok Sindonews)

PEKANBARU – Selain di lahan warga dan perusahaan, kebakaran juga terjadi kawasan hutan lindung di Kota Dumai, Riau. Salah satu areal yang terbakar adalah kawasan hutan konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger menjelaskan, untuk pemadaman kawasan TWA Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, dikerahkan personel berbagai instansi.

"Kebakaran di sana sudah terjadi selama 5 hari. Upaya pemadaman agar api tidak menyebar terus dilakukan," ucap Edwar, Senin (11/3/2019).

Kebakaran hutan Riau (Dok Okezone/Banda Haruddin Tanjung)

Dalam pemadaman kebakaran di kawasan lindung, personel Brimob juga diperbantukan. Petugas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) juga dikerahkan.

"Pemadaman darat juga dilakukan oleh personel TNI, Manggala Agni, BPBD dan warga dengan menggunakan peralatan," ujarnya.

Sementara itu Kodim 0320/Dumai bersama prajurit Koramil 01/Dumai berjibaku melaksanakan pemadaman lanjutan di Jalan Paman Jaya RT04, Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur. Pasukan TNi AD juga oleh Polri dan BPBD.

"Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam dan Lanal Dumai juga bahu membahu melakukan pemadaman di sana," tutur Edwar. 

(Baca Juga : Kebakaran Hutan di Meranti Riau, BPBD Keluhkan Perusahaan Tak Bantu Pemadaman)

Kebakaran di Dumai juga terjadi di Jalan Sri Lestari RT 03, Kelurahan Guntung, Kecamatan Medang Kampai. Pemadaman dilakukan tim gabungan.

Beberapa waktu lalu kawasan Hutan Wisata Alam Dumai juga terbakar. Namun anehnya, usai terbakar, tidak lama kemudian ada penanaman kebun sawit.

(Baca Juga : Data Satelit, Titik Panas Kebakaran Hutan di Riau Menurun Drastis)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini