nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Pemilu 2019, Wiranto: Suhu Politik Paling Tinggi Ada di Medsos

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 12:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 14 337 2029823 jelang-pemilu-2019-wiranto-suhu-politik-paling-tinggi-ada-di-medsos-3ClSVoLa0l.JPG Menko Polhukam, Wiranto pimpin Rakorsus di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta (Foto: Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto menyebut suhu politik paling tinggi terjadi di media sosial (medsos). Sedangkan di dunia nyata, suhu politik jelang pelaksanaan Pemilu 2019 cenderung bisa dikendalikan.

"Yang paling tinggi suhu politiknya itu di medsos. Ramai. Kita bersyukur secara fisik suhu politik kita bisa dikendalikan dengan baik," kata Wiranto saat membuka Rakorsus membahas persiapan kampanye terbuka Pemilu 2019 di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Mantan Panglima ABRI itu berujar bahwa medsos menjadi wilayah yang menjadi sorotan pihaknya karena eskalasi politik di sana cenderung meningkat. Di banding Pemilu 2014 lalu, medsos di Pemilu 2019 justru menjadi medium yang begitu dominan.

"Medsos ini wilayah yang lebih meningkat dari waktu ke waktu dibanding pemilu lalu. Pemilu lalu medsos tidak begitu dominan, tapi sekarang ini menjadi sangat dominan dan menjadi wilayah yang kita garap supaya tetap aman," kata dia.

Wiranto Pimpin Rakorsus

Pemerintah, lanjutnya, terus berupaya mengkondisikan suasana aman dan tertib pada tahapan penyelenggaraan pemilu. Berbagai kerawanan yang berpotensi muncul, akan ditekan semaksimal mungkin demi terwujudnya pemilu yang sukses, aman, damai dan tertib.

"Mudah-mudahan hari H nanti kerawanan yang kita netralisir menjadi zero. Zero mungkin tidak ya, tapi paling tidak sudah kita tekan agar tidak menjadi masalah," tuturnya. (put)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini