nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuasa Hukum Habib Bahar Sebut Tanggapan JPU Ngawur

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 15:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 14 525 2029964 kuasa-hukum-habib-bahar-sebut-tanggapan-jpu-ngawur-v3CzxWXFxX.jpg Habib Bahar bin Smith (Foto: Okezone)

BANDUNG - Tim penasihat hukum Bahar bin Smith menganggap tanggapan jaksa penuntut umum (JPU) soal eksepsi atau nota keberatan tidak jelas. Bahar bin Smith sendiri disidang atas kasus dugaan penganiayaan.

"Tanggapan jaksa ngawur," ucap salah satu pengacara Bahar, Ichwan Tuankotta saat ditemui seusai persidangan di Gedung Arsip dan Perpustakaan di Jalan Seram, Kota Bandung, Kamis (14/3/2019).

Ia menilai, jaksa tak menguraikan secara detail tanggapan atas eksepsi yang membahas soal luka-luka yang dialami dua korban remaja. Sementara dalam eksepsinya, kedua korban sempat berkelahi sehingga luka dialami bukan dari perbuatan Bahar.

"Jadi, semua banyak yang kita sampaikan berkaitan dengan domisili saksi, terdakwa, semua yang ada disini berdomisili di Bogor, itu tidak diurai dalam tanggapan jaksa, tentang eksepsi kami," katanya.

(Baca Juga: Habib Bahar bin Smith: Jokowi, Tunggu Saya Keluar!)

Habib Bahar

Untuk itu, ia berharap, agar majelis hakim bisa menentukan sikap saat putusan sela yang diagendakan pekan depan. "Ane minta yang mulia majelis hakim, dengan nurani, lihat bahwa substansi eksepsi yang kita sampaikan harusnya dikabulkan oleh majelis. Insya Allah ane yakin sekali," kata Ichwan.

Pada berita sebelumnya JPU menilai eksepsi yang sebelumnya dibacakan oleh penasihat hukum dalam persidangan sebelumnya, tidak beralasan. Jaksa menilai, surat dakwaan dengan terdakwa atas nama Habib Bahar telah disusun secara jelas dan cermat.

"Permohonan nota keberatan yang disampaikan penasihat hukum tidak beralasan. Untuk itu, memohon majelis hakim untuk menolak eksepsi dari penasehat hukum,' kata Jaksa.

Jaksa juga meminta majelis hakim untuk melanjutkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap Bahar serta terdakwa lainnya dalam kasus penganiayaan, yang dimaksud dalam surat dakwaan.

"Kami mohon kepada majelis hakim untuk melanjutkan persidangan untuk memeriksa Habib Bahar bin Smith," katanya.

(Baca Juga: Jaksa Minta Hakim Tolak Eksepsi Habib Bahar bin Smith)

Usai dibacakan tanggapan JPU atas eksepsi penasihat hukum, Ketua Majelis Hakim Edison Muhamad mengatakan, untuk melanjutkan persidangan pada pekan depan, dengan agenda putusan sela.

"Satu minggu ke depan, untuk memutuskan diterima atau tidaknya,' kata Edison.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini