nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Balas Tembakan Roket ke Tel Aviv, Israel Lancarkan Serangan Udara ke Gaza

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 09:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 15 18 2030261 balas-tembakan-roket-ke-tel-aviv-israel-lancarkan-serangan-udara-ke-gaza-B9QTnLUnJg.jpg Foto: Reuters.

TEL AVIV – Militer Israel melancarkan serangan ke Gaza beberapa jam setelah sedikitnya dua roket dari wilayah kantong itu ditembakkan ke Ibu Kota Tel Aviv. Serangan yang diklaim sebagai pembalasan oleh pihak Israel itu dikhawatirkan akan kembali meningkatkan ketegangan dalam konflik antara kedua belah pihak.

Ledakan terdengar di Jalur Gaza pada Jumat pagi dengan saksi-saksi mata Palestina mengatakan pesawat-pesawat Israel mengebom posisi-posisi keamanan Hamas. Serangan tersebut menghantam empat bangunan yang digunakan oleh pasukan keamanan Hamas, tetapi sejauh ini belum ada laporan mengenai jatuhnya korban.

Militer Israel mengatakan serangan itu ditujukan terhadap "lokasi-lokasi teroris" di Gaza, beberapa jam setelah mengatakan dua roket diluncurkan dari wilayah itu ke Tel Aviv. Demikian diwartakan Al Jazeera, Jumat (15/3/2019).

Tembakan roket ke Tel Aviv itu merupakan yang pertama kali terjadi sejak 2014 yang menandai terjadinya konflik besar antara Israel dan Palestina di Gaza.

Israel menuduh Hamas bertanggungjawab atas serangan roket tersebut, namun tudingan itu telah dibantah oleh kelompok itu. Hamas mengatakan, roket itu diluncurkan di sayap militer mereka sedang berada melakukan pertemuan dengan mediator Mesir dalam upaya memperkuat gencatan senjata dengan Israel.

Dalam langkah yang mengindikasikan upaya untuk mencegah meningkatnya ketegangan, kementerian dalam negeri mengatakan bahwa tembakan roket tersebut "melawan konsensus nasional" dan berjanji untuk mengambil tindakan terhadap para pelaku.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini