nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelaku Serangan Teror di Masjid Selandia Baru Serukan Pembunuhan Terhadap Erdogan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 18:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 15 18 2030548 pelaku-serangan-teror-di-masjid-selandia-baru-serukan-pembunuhan-terhadap-erdogan-CWLrB2sNSm.jpg Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Foto: AP)

WELLINGTON – Pria Australia pelaku serangan teror yang menewaskan 49 orang di dua masjid di Selandia Baru telah menyerukan pembunuhan terhadap tiga tokoh penting Eropa dalam manifesto yang dia unggah sebelum melakukan aksinya. Dalam manifesto tersebut, pria bernama Brenton Tarrant itu menyebut Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Walo Kota London Sadiq Khan sebagai “musuh bangsa-bangsa Eropa”.

Sputnik mewartakan, dalam daftar target dengan profil tinggi itu, Tarrant menyebut Merkel sebagai tokoh anti-kulit putih dan anti-Jerman. Dia menganggap Merkel kerusakan dan berusaha membersihkan Eropa dari ras aslinya.

BACA JUGA: Pelaku Penembakan Masjid di Selandia Baru Ingin Balas Dendam Atas Serangan Teror di Stockholm

Erdogan dianggap sebagai musuh yang memimpin kelompok umat Muslim terbesar di Eropa, sementara Sadiq Khan dinilai sebagai sebuah pertanda pergantian etnis di Inggris dan “invasi” Muslim di Eropa.

Manifesto Tarrant dipenuhi dengan ideologi supremasi kulit putih dan dipengaruhi oleh penganut ideologi serupa lainnya, terutama Andres Breivik, teroris pelaku pembantaian 77 orang pada 2011.

BACA JUGA: PM Selandia Baru Sebut Penembakan di Masjid Serangan Teroris

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyebut aksi Tarrant sebagai tindak terorisme dan menegaskan bahwa “tidak ada tempat bagi tindakan semacam itu di Selandia Baru”.

(dka)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini