nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beredar Foto Mobil Jokowi Masuk Got, Ini Fakta Sebenarnya

Adi Rianghepat, Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 15:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 15 337 2030441 beredar-foto-mobil-jokowi-masuk-got-ini-fakta-sebenarnya-crRcGPhppj.jpg

KUPANG - Beredar foto yang menggambarkan sebuah mobil boks berwarna putih dengan gambar Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, jatuh di sebuah got. Foto yang diunggah akun Abdilah Hakim tersebut disertai narasi sindiran "Berawal dari got, nyungsepnya juga di got !!" tulisnya.

Foto yang beredar di bulan Januari 2019 itu sudah diperiksa faktanya oleh Aribowo Sasmito di Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) dan dinyatakan sebagai disinformasi.

Berdasarkan hal tersebut, maka foto sumber dapat dimasukkan sebagai disinformasi berulang dengan kategorisasi 'manipulated content' atau konten manipulasi. Hasil penelusuran, foto tersebut merupakan hasil suntingan.

Foto aslinya berasal dari berita di Poskotanews dengan judul “Mobil Boks Nyungsep di Saluran Air.” Berita tersebut tayang pada 14 Juli 2017.

Disebutkannya, mobil boks bermerek Gran Max itu masuk saluran air besar di dekat lampu merah ITC Permata Hijau. Posisinya melintang di dalam saluran air tersebut. Warga berupaya menolong pengemudinya. Tak ada korban jiwa dalam kecelakana itu meski pengemudi luka di tangan dan kaki.

Sebelumnya, postingan semacam ini pernah muncul namun dengan logo Partai Gerindra dan sudah di-debunk di FAFHH.

(kha)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini