nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelabuhan Sibolga Diresmikan, Menhub Harap Jadi Motor Penggerak Ekonomi

Arief Setyadi , Jurnalis · Minggu 17 Maret 2019 17:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 17 340 2031185 pelabuhan-sibolga-diresmikan-menhub-harap-jadi-motor-penggerak-ekonomi-0hWWXKEd8P.jpg Menteri Perhubungan, Budi Karya (foto: Okezone)

SIBOLGA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap Pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara bisa menjadi motor penggerak perekonomian di daerah tersebut. Pelabuhan Sibolga telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Minggu (17/3/2019).

Menurut Menhub, Pelabuhan Sibolga akan menjadi center dari pengembangan Sumut pesisir barat. Ditambah lokasinya sangat strategis sehingga bisa semakin menghidupkan perekonomian di kawasan ini.

"Apalagi, tadi jalan-jalan saya lihat sudah relatif bagus, jadi sangat strategis. Nah, pelabuhan ini memang dibuat, terutama untuk menggalakan kegiatan ekonomi, kontainer," ujarnya seusai peresmian Pelabuhan Sibolga.

 sd

Ditambah dengan desain pelabuhan yang modern menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan, bukan hanya bagi masyarakat yang ingin menggunakan pelabuhan, tapi juga menarik mereka yang ingin sekadar menikmati suasana di pelabuhan.

"Jadi ini kaya lifestyle. Jadi, orang kalau ke Sibolga mesti ke pelabuhan ini karena tempatnya indah," ujarnya.

Belum lagi nanti akan para penumpang maupun masyarakat akan dimanjakan dengan ragam kuliner, misal seperti seafood dan lainnya. Sehingga diyakini Menhub hal semacam ini akan menambah destinasi wisata.

Ke depan juga akan terus dilakukan pengembangan terhadap pelabuhan ini. Yakni, dengan membangun terminal untuk CPO.

 sd

Penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga sendiri dimulai sejak Agustus 2016. Kini, tersedia fasilitas penumpang dan bongkar muat dengan skala lebih besar.

Terminal penumpang di Pelabuhan Sibolga memiliki luas 2.786 m2. Adapun kapasitasnya sekira 500 orang. Sedangkan Dermaga Multipurpose memiliki panjang 153 meter dengan lebar 33,5 meter. Panjang tambatan 250 meter.

Untuk Dermaga Ferry, panjang tambatan 198 meter. Ditambah dengan fixed crane kapasitas 40 ton.

Berbagai fasilitas untuk memanjakan penumpang juga tersedia di pelabuhan rasa bandar udara (bandara) ini. Seperti adanya skybridge yang menghubungkan terminal penumpang menuju dermaga.

Selain itu, ruang tunggu yang luas, ruang menyusui, karantina, imigrasi, serta ruang VIP dan sejumlah fasilitas lainnya. Adapula rooftop di bagian atas pelabuhan, yang dialasi dengan rumput sintetik. Dari sana bisa melihat pemandangan yang indah.

(wal)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini