Cut Mini Ajak Anak Indonesia Mengejar Mimpi Lewat Buku

Senin 18 Maret 2019 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 18 1 2031768 cut-mini-ajak-anak-indonesia-mengejar-mimpi-lewat-buku-dhQEeEwwir.jpg Foto: CIMB Niaga

MANADO - Bukan Cut Mini namanya kalau tidak bisa menarik perhatian saat sedang beraksi sebagai pendongeng. Jam terbang dan kemampuannya yang terasah sebagai aktris senior selalu berhasil membuat suasana pecah. Seperti terlihat ketika ia mendongeng di depan puluhan anak-anak SDN 105 Manado, di tempat rekreasi Pohon Kasih, di kawasan Megamas,Manado, Sulawesi Utara, Jumat pagi (15/03).

Meski tanpa alat praga dan iringan musik yang dramatis, Ibu Cut, begitulah ia memperkenalkan diri kepada anak-anak pagi itu, mampu membuat pendengarnya tertawa terpingkal-pingkal, terkadang tegang seolah mereka benar-benar berada dalam suasana yang mendebarkan. Ekspresi anak-anak ini silih berganti sesuai dengan jalan cerita dalam dongeng.

Padahal, sederhana saja cerita yang ia pilih yakni tentang anak yang ingin menjadi seorang pemburu hebat seperti ayahnya. “Ayaaahhhh….ayaaahhh kakikuuu sakiiitt.. tidak bisa bergeraaakk. Rupayanya Ruby terkena jebakan yang dipasang di hutan…!” tuturnya dengan ekspresi seolah menahan kesakitan seperti dalam kisah yang ia paparkan. Anak-anak pun seketika langsung ikut meringis menahan kesakitan.

Ya, inilah satu dari sekian keseruan yang selalu ditawarkan aktris yang pernah menyabet gelar Aktris Terbaik sejumlah penghargaan film bergengsi di tanah air ini, saat mendongeng di depan anak-anak. Tak lupa, pemilik nama lengkap Cut Mini Theo ini juga membagikan hadiah berupa buku dan boneka Octo dari CIMB Niaga untuk anak-anak yang menjawab pertanyaannya dengan benar.

Wanita yang aktif mendongeng sejak beberapa tahun terakhir ini, memang sangat antusias mengajak anak-anak untuk mencintai buku, “selain mendengarkan dongeng yang penting lainnya adalah membaca buku, karena buku adalah guru. Kalau mau kejar mimpi itu harus membaca karena membaca buku itu akan banyak ilmu yang diperoleh," tambah pemeran Ibu Mus dalam Film Laskar Pelangi itu.

Dalam aksinya kali ini, Cut Mini juga menyelipkan pesan yang ia sebut sebagai tiga kata ajaib, yaitu tolong, maaf dan terima kasih. “Rajin membaca buku dan jangan lupa untuk mengucapkan kata ajaib ini jika kalian ingin meraih mimpi ya Nak,” katanya.

Tidak hanya mengajak anak-anak untuk mencintai buku, pada kesempatan itu, aktris berdarah Aceh ini juga mengajak para Ibu agar meluangkan waktu untuk mendongeng kepada anak-anak mereka. Karena, dengan mendongeng banyak hal positif yang bisa dipetik, diantaranya adalah semakin eratnya jalinan kedekatan atau bounding antara anak dan orang tua.

CIMB Niaaga

Dongeng juga merupakan cara yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan positif dengan cara yang sederhana namun sangat berguna untuk menjadi bekal si anak kelak di kemudian hari. “Ini penting untuk mendekatkan emosi kita kepada anak-anak, biasanya menjelang tidur, anak-anak pasti senang,”imbuhnya.

Ungkapan senada disampaikan oleh Direktur Human Resources CIMB Niaga, Hedy Lapian, bahwa komunikasi antara orangtua dan anak itu harus dibangun, karena anak-anak sekarang bisa jadi kayak autis, sibuk dengan handphone saja. "Komunikasi itu harus dibangun, kita mulai dengan dongeng, apalagi lewat dongeng itu kan ada pesan, nasehat yang disampaikan kepada anak-anak lebih soft." tuturnya.

Aksi Cut Mini mendongeng ini membuat event CIMB Niaga #KejarMimpi Goes To School itu semakin meriah. CIMB Niaga #KejarMimpi Goes To School sendiri merupakan bagian dari rangkaian kegiatan #KejarMimpiyakni sebuah gerakan sosial yang diinisasi CIMB Niaga disejumlah kota di Indonesia, diantaranya Manado. Dalam kegiatan ini CIMB Niaga mengajak anak-anak dan para remaja di Indonesia untuk lebih semangat belajar demi mengejar mimpi, meraihnya, dan sukses.(yao)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini