Indopos Sambangi Perindo Beri Hak Jawab Atas Berita yang Merugikan Hary Tanoe

Achmad Fardiansyah , Okezone · Senin 18 Maret 2019 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 18 605 2031711 indopos-sambangi-perindo-beri-hak-jawab-atas-berita-yang-merugikan-hary-tanoe-fDljGifSPJ.jpg Ricky Margono (Okezone)

JAKARTA - Pemimpin Redaksi Harian Indopos, Juni Armanto mendatangi Kantor DPP Partai Perindo di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat . Tujuannya untuk memberikan hak klarifikasi dan hak jawab atas berita di Indopos yang merugikan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Berita yang merugikan Hary Tanoe adalah artikel berjudul 'Ahok Gantikan Ma'ruf Amin?' yang dimuat Indopos pada Rabu 13 Febuari 2019.

Dewan Pers sudah memvonis Indopos melanggar kode etik jurnalistik atas berita tersebut dan diharuskan meminta maaf serta memberikan hak jawab kepada pihak yang dirugikan.

Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) DPP Perindo, Ricky Kurnia Margono mengatakan, Indopos sudah memberikan klarifikasi dan hak jawab kepada Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin atas berita itu.

Namun, belum dilakukan kepada Hary Tanoe yang turut dirugikan akibat pemberitaan tersebut. Hari ini, pihak Indopos datang untuk memberikan hak jawab dan klarifikasi kepada Perindo.

"Karena (Indopos) masih belum meminta maaf kepada Pak HT selaku Ketum Perindo yang gambarnya memang ada di dalam situ, karena itu kami mengundang teman-teman Indopos untuk mengklarifikasi dan bagaimana sikapnya menyikapi dengan hal tersebut," katanya di sela pertemuan dengan Indopos di Kantor DPP Perindo, Senin (18/3/2019).

TKN Jokowi melaporkan Indopos ke Dewan Pers atas berita 'Ahok Gantikan Ma'ruf Amin?'. Indopos sudah diputuskan bersalah (Okezone)

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak sepakat tidak akan memperpanjang masalah pemberitaan itu sampai ke ranah hukum, dengan catatan Indopos berkewajiban meminta maaf dan memuat hak jawab dengan porsi yang sama.

"Saya rasa itu sudah sangat cukup dan mereka berjanji akan menerbitkan satu kali lagi berita tersebut dengan ada gambar pak HT dan akan dibuatkan berita itu adalah hoaks. Jadi kami berterima kasih kepada Indopos," ujar Ricky.

Sementara Juni Armanto mengatakan, Indopos siap memuat hak jawab atas berita 'Ahok Gantikan Ma'ruf Amin?'.

"Jadi teknisnya kita menunggu hasil hak jawab dari kawan-kawan Perindo dan nanti akan dituliskan di Indopos dispace yang sama, di halaman yang sama," kata dia.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini