nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kronologi Baku Tembak KKSB dan Brimob yang Menewaskan 1 Anggota

Saldi Hermanto, Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 12:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 20 340 2032529 kronologi-baku-tembak-kksb-dan-brmbob-yang-menewaskan-seorang-anggota-cD6smr4uut.jpg Anggota Brimbob Korban Baku Tembak dengan KKSB Dirawat di RSUD Mimika, Papua (foto: Saldi H/Okezone)

TIMIKA - Kontak tembak kembali terjadi di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua, Rabu (20/3/2019). Tiga anggota Brimob Satgas Nemangkawi menjadi korban, dua terluka sedangkan satu lainnya meninggal dunia akibat tertembak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, menerangkan bahwa kontak tembak terjadi di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga sekitar pukul 07.00 WIT.

(Baca Juga: TNI-Polri Diminta Lakukan Operasi Khusus Berantas KKB di Papua) 

Anggota Brimob yang Terluka Akibat Baku Tembak dengan KKSB (foto: Saldi/Okezone)

Pada waktu tersebut, terdapat tiga regu pasukan Brimob dari Satgas Nemangkawi, masing-masing Regu Blukar 91/B91, Blukar 53 dan Blukar 54 yang melakukan pengamanan di Bandara Mugi, Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, yang mana saat itu akan mendarat Helikopter milik Polri yang dilaporkan membawa Dansatgas Tindak, AKBP John Huntal Sarjanto Sitanggang bersama tim.

Saat itu, Regu Blukar 91/B91 yang dipimpin Ipda Arif Rahman menuju gereja co 14,39 19,59 untuk pengamanan, kemudian disambut oleh kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) sehingga terjadi kontak tembak.

Bharada Aldi sebagai speed 1 terkena tembakan, kemudian Regu Blukar B91 secara langsung melakukan ikat tembakan. Saat itu juga Komandan Regu (Danru), Ipda Arif Rahman turut terkena tembakan bersama anggotanya Bharada Rafi Fitrah Kurniawan.

Atas kejadian itu, Regu Blukar 53 membantu Blukar 91 dan didukung oleh Regu Blukar 54 dipimpin Ipda Condro yang turut membantu Blukar 53 dan Blukar 91.

Selanjutnya dalam kontak tembak itu dilaporkan juga bahwa sniper Blukar 54 menembak KKSB dan mengenai tiga orang anggotanya.

Berselang setengah jam setelah kontak tembak terjadi, mendarat Helikopter yang membawa Dansatgas Tindak tiba di Bandara Mugi. Saat itu juga Regu Blukar 53 dan Blukar 91 membantu untuk evakuasi korban yang terkena tembakan menuju helikopter.

(Baca Juga: Seorang Anggota Brimob Tewas dan Dua Luka-Luka Akibat Baku Tembak dengan KKSB di Papua) 

Helikopter kemudian membawa para korban menuju Timika dan tiba Helipad Penerbad Timika pada pukul 09.10 WIT, dan para korban kemudian dievakuasi ke RSUD Mimika.

Ipda Arif Rahman mengalami luka tembak di bahu kiri tembus punggung belakang, Bharada Aldy mengalami luka tembak di ketiak kanan (meninggal dunia), dan Bharada Rafi Fitrah Kurniawan mengalami luka tembak di pinggang kanan belakang.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini