Jokowi Jadikan Hasil Survei Kompas sebagai Bahan Koreksi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 20 Maret 2019 20:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 20 605 2032805 jokowi-jadikan-hasil-survei-kompas-sebagai-bahan-koreksi-LliEQRwvog.jpg Joko Widodo (Foto: Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Hasil survei Litbang Kompas menyatakan selisih elektabilitas pasangan capres dan cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, serta Prabowo-Sandiaga hanya berselisih 11,8% sebulan jelang pemungutan suara yang akan berlangsung pada 17 April 2019. 

Calon Presiden Jokowi mengatakan, hasil survei Litbang Kompas itu akan menjadi bahan koreksi pihaknya dalam menghadapi kontestasi Pilpres 2019. Saat ini, pihaknya menggunakan banyak hasil lembaga survei sebagai pedoman dalam menjalani pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Ya survei ini kan banyak sekali kan. Mungkin ada lebih dari 10 (lembaga survei). Semuanya kita pakai untuk evaluasi untuk koreksi," kata Jokowi saat menghadiri acara pembekalan caleg PDIP di Kantor PDIP DKI Jakarta, Rabu (20/3/2019).

(Baca Juga: TKN: Survei Kaleng-Kaleng Biasa Jelang Pemilu)

Jokowi-Maruf Amin

Menurut Jokowi, adanya hasil survei Litbang Kompas tersebut akan memacu Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin untuk lebih keras lagi mempertahankan elektabilitas petahana guna memenangkan kontestasi Pilpres 2019.

"Untuk memacu bekerja lebih baik lagi. Semua survei kita lihat. Semua survei kita lihat. Sebagai bahan koreksi, sebagai bahan evaluasi untuk mendorong bekerja lebih baik lagi," ujarnya.

Calon petahana ini menilai, hasil survei yang kerap menyatakan keuggulan di atas 20% suara dapat melemahkan tim pemenangannya untuk bekerja lebih giat lagi dalam memperoleh dukungan masyarakat.

"Kalau saya hasil (survei) yang baik justru akan melemahkan kita. Jadi tidak waspada. Hasil survei yang tidak baik atau kecil bisa mendorong memicu seluruh relawan kader untuk bekerja lebih militan lagi," tuturnya.

(Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 49,2%, Prabowo-Sandi 37,4%)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini