nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Ikan Hiu Mati Massal di Karimunjawa Baru Diketahui 15 Hari Lagi

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 22 Maret 2019 17:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 22 512 2033678 penyebab-ikan-hiu-mati-massal-di-karimunjawa-baru-diketahui-15-hari-lagi-PJeyW4HtjH.jpg Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono (foto: Taufik Budi/iNews)

SEMARANG - Tim Laboratorium Forensik Polda Jateng telah mendatangi penangkaran ikan hiu di Pulau Menjangan Besar Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Selain mengambil sampel air kolam dan daging ikan hiu, juga memeriksa pemilik penangkaran.

"Tim Labfor Polda sudah turun ke sana. Langkah awal kita adalah melakukan klarifikasi kepada pemilik penangkaran itu, izin penangkaran ada enggak? Kita sedang klarifikasi itu," ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono usai memimpin apel gelar pasukan Pengamanan Kampanye Terbuka dan Pengamanan TPS Pemilu 2019 di Lapangan Simpang lima Semarang, Jumat (22/3/2019).

(Baca Juga: Puluhan Hiu Mati Misterius, Kolam Penangkaran di Karimunjawa Terancam Ditutup) 

Jenderal bintang dua itu juga menyebut masih menunggu hasil Laboratorium Wates Yogyakarta. Sebab, sampel yang diperiksa di Laboratorium Jepara masih belum bisa menjado rujukan.

"Kurang-lebih 15 hari lagi akan keluar hasil laboratorium itu. Kemarin yang di tingkat Jepara masih belum bisa, kemudian dikirim ke Yogyakarta," tandasnya.

 

Sekadar diketahui, sebanyak 40-45 ekor ikan hiu mati mendadak di kolam penangkaran Pulau Menjangan Besar Karimunjawa. Ada dugaan penyebab kematian puluhan ikan hiu itu karena air kolam tersebut tercemar. Dugaan itu tak terlepas dari pengakuan penjaga kolam kepada petugas BTN Karimunjawa yang menyatakan bahwa air kolam berwarna kekuningan saat peristiwa itu terjadi.

Puluhan ikan hiu tersebut ditemukan mati secara mendadak pada Kamis 7 Maret 2019. Meski demikian, pihak pemilik kolam baru melapor ke BTN Karimunjawa, Selasa 12 Maret 2019.

Pihak pemilik kolam juga berdalih telah melapor ke aparat kepolisian setempat. Mereka juga telah menyelidiki kasus kematian hiu-hiu itu dengan melakukan uji laboratorium.

(Baca Juga: Polisi Dalami Kasus Ikan Hiu Mati Massal di Karimunjawa)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini