nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Enam Guru Honorer Pamer Stiker Prabowo-Sandi Akan Ngajar Lagi?

Rasyid Ridho , Jurnalis · Rabu 27 Maret 2019 02:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 27 340 2035401 enam-guru-honorer-pamer-stiker-prabowo-sandi-akan-ngajar-lagi-9LDICcsY9z.jpg Enam guru honorer di Banten yang dipecat karena foto sambil pamer stiker Prabowo-Sandi (Foto: Ist)

SERANG - Enam guru honorer SMAN 9 Kabupaten Tangerang yang sudah dilakukan pemecatan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Banten karena dianggap melakukan politik praktis di lembaga pendidikan dikabarkan akan kembali bekerja.

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) bersama persatuan Honorer Provinsi Banten melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten membahas pemecatan keenam guru honorer pada Senin 25 April 2019 kemarin. Hasilnya, enam guru yang sebelumnya dipecat dijanjikan akan kembali bekerja pada tanggal 2 Mei 2019 mendatang.

"Janji itu dikatakan Kepala Dinas (Kadindik Engkos Kosasih) hanya lisan saja. Kita butuh secara tertulis, masa pencabutan enggak tertulis. Kita butuh kepastian dengan adanya surat resmi," kata Ketua Persatuan Honorer Banten Martin Al Kosim saat dihubungi, Selasa (26/3/2019).

(Baca Juga: 6 Guru Honorer di Banten Dipecat Gara-Gara Berpose dan Pamer Atribut Prabowo-Sandi

Dikatakan Martin, pihaknya sampai saat ini masih menunggu surat pencabutan pemecatan enam guru honorer secara resmi yang ditanda tangani langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan sebagai pegangan rekannya.

"Kalau tidak ada bentuk fisiknya surat pencabutan (pemecatan) siapa yang mau menjamin keenamnya bakal dipekerjakan lagi," ujarnya.

Bahkan, nasib keenam guru tersebut tidak jelas. Honor pada bulan Maret yang dijanjikan akan cair nyatanya tidak dibayarkan. "Kenapa harus setelah pemilu dipekerjakan kembali. Nasib keluarganya gimana kalau tidak ada penghasilan, kasihanlah," ucapnya

Jika tak kunjung ada kepastian, pihaknya mengancam akan melakukan aksi solideritas pada 28 Maret mendatang jika surat pencabutan pemecatan tidak kunjung dikeluarkan oleh Dindik Banten.

(Baca Juga: Ma'ruf Amin: Jangan Anggap Pilpres Itu Perang!

Sebelumnya, foto enam guru honorer memamerkan stiker calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno viral di media sosial. Salahnya, keenam guru mengambil foto masih mengenakan pakaian dinas beratribut Logo Pemprov Banten dan dilakukan di dalam lembaga pendidikan.

Akibatnya, Dinas Pendidikan Provinsi Banten melalui KCD Kabupaten Tangerang langsung melakukan pemberhentian setelah viralnya foto tersebut. Berbagai kalangan tidak setuju keputusan pemecatan tersebut dan dianggap masih prematur.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini