Share

Jawaban Jokowi dan Prabowo soal Penerapan Teknologi dalam Pemerintahan

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Sabtu 30 Maret 2019 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 30 605 2037194 jawaban-jokowi-dan-prabowo-soal-penerapan-teknologi-dalam-pemerintahan-gJG4ySqLeU.JPG

JAKARTA - Debat keempat dengan tema pemerintahan makin seru. Debat memasuki pertanyaan panelis soal penerapan teknologi dalam pemerintahan.

Joko Widodo menjelaskan bahwa pemerintahannya ke depan akan berjalan secara "Dilan" atau digital melayani. Maka, menurutnya, sejumlah reformasi harus dilakukan untuk melayani masyarakat yang makin efektif.

"Pertama, pelayanan berbasis elektronik sangat diperlukan dalam menyiapkan era digital. kedua penyederhanaan dan penajaman lembaga, kita bubarkan 23 lembaga yang ada, agar lebih ramping, dan tidak bertele-tele," jelas Jokowi.

Ketiga, menurut Jokowi, peningkatan ASN juga harus dilakukan, sehingga bisa melayani masyarakat dengan cepat karena semua pelayanan ke depan berbasis elektronik.

"lalu keempat, reformasi tata kelola, manajemen harus tidak bertele-tele, pemerintahan ke depan adalah seperti itu," ungkapnya.

Sementara itu Prabowo lebih menekankan penerapan teknologi dalam pemerintahan sebagai jalan untuk transparasi anggaran. Menurutnya, sistem pemerintahan akan efektif dan transparan jika dilakukan dengan menerapkan teknologi yang benar.

"Teknologi adalah vital, Prabowo-Sandi akan mengutamakan penggunaan teknologi informasi, untuk mencapai transparansi," jelas Prabowo.

Menurutnya, untuk mencapai suatu pemerintahan yang efektif dan bersih dari korupsi, penerapan teknologi informasi adalah senjata yang efektif.

"Terutama meningkatkan rasio pajak kita, rasio pajak kita 10 persen kita naikkan 16 persen, kita perbaiki kualitas hidup masyarakat terutama aparat pemerintahan," jelas Prabowo.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
COUNTDOWN
PILPRES
Menuju Pesta Demokrasi 2024