Meski Tertinggal di Survei, BPN Optimistis Prabowo-Sandi Menang

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 02 April 2019 18:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 02 605 2038352 meski-tertinggal-di-survei-bpn-optimistis-prabowo-sandi-menang-HSVMRYzy0I.jpg Prabowo-Sandi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dua lembaga survei merilis elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Hasilnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno elektabilitasnya masih tertinggal dari Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Suhud Alynuddin menilai, hasil survei terbaru Indo Barometer dan LSI Denny JA menunjukkan elektabikitas Jokowi stagnan.

“Hasil itu memperlihatkan elektabilitas Pak Jokowi sudah mentok. Hal mirip dengan survei internal kami dan juga survei litbang Kompas di mana elektabilitas Pak Jokowi di bawah 50%,” kata Suhud kepada Okezone, Selasa (2/4/2019).

(Baca Juga: Prabowo: Jangan Sampai Tuyul dan Orang Mati Ikut Milih di TPS)

Suhud pun optimistis menjelang pemilihan presiden yang semakin dekat elektabilitas Prabowo-Sandi mampu menyalip dari capres-cawapres petahana.

“Kami yakin takkan bisa mendongkrak elektabikitas karena kami melihat tidak ada faktor yang menyebabkan kenaikan elektabilitas Pak Jokowi,” kata Suhud.

Prabowo

Selain itu, Politikus PKS semakin yakin Prabowo-Sandi akan memenangi Pilpres 2019. Apalagi, melihat massa yang besar ketika keduanya menjalani kampanye. 

“Melihat jumlah massa yang hadir dalam jumlah besar dalam setiap kampanye terbuka Pasangan Prabowo-Sandi. Kami yakin akan bisa memenangkan pilpres 2019,” tuturnya.

Sebelumnya, berdasarkan hasil survei Indo Barometer Jokowi-Ma’ruf masih unggul dengan selisih 18,8 persen jika dibandingkan Prabowo -Sandiaga Uno.

“Seandainya pilpres dilakukan hari ini, maka pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin diprediksi menang. Paslon nomor 01 memiliki elektabilitas sebesar 50,8 persen, sedangkan paslon 02 memiliki elektabilitas sebesar 32 persen,” tutur Rusli saat merilis hasil survei di Hotel Century, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 2 April 2019.

(Baca Juga: Soal "People Power" Amien Rais, KPU: Jangan Selesaikan Masalah Pemilu di Jalanan!)

Berdasarkan hasil survei LSI Denny JA yang dilakukan pada 18-26 Maret 2019, elektabilitas Jokowi-Maruf juga unggul sebesar dengan range 56,8% hingga 63,2%. Sementara elektabilitas Prabowo-Sandi sebesar 36,8% sampai 43,2%.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini