nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemimpin Iran Ayatollah Khamenei Minta Irak Segera Usir Pasukan AS

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 08 April 2019 10:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 08 18 2040424 pemimpin-iran-ayatollah-khamenei-minta-irak-segera-usir-pasukan-as-zV9qpGqsCU.jpg Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei. Foto/Reuters

TEHERAN - Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei meminta Irak untuk segera mengusir pasukan AS.

"Anda harus mengambil tindakan untuk memastikan Amerika menarik pasukan mereka dari Irak sesegera mungkin, karena di mana pun mereka memiliki kehadiran yang abadi, memaksa mereka keluar akan menjadi masalah," kata Khamenei dalam laman resminya mengutip AFP, Senin (8/4/2019).

"Pemerintah dan parlemen saat ini di Irak dan tokoh-tokoh politiknya tidak seperti yang diinginkan AS, mereka berencana untuk memindahkan mereka dari panggung politik Irak," katanya kepada Perdana Menteri Irak Adel Abdel Mahdi.

BacaBerpidato di Irak, Trump Akhiri Peran AS Sebagai "Polisi Dunia"

Abdel Mahdi, dalam kunjungan resminya yang pertama ke Iran, juga bertemu dengan Presiden Hassan Rouhani, yang mengunjungi Irak bulan lalu.

Foto/Reuters

Irak diminta AS untuk membatasi hubungan dengan Iran, terutama setelah Amerika Serikat menarik diri dari perjanjian nuklir Iran tahun lalu dan memeberikan Iran dengan sanksi.

Iran memiliki hubungan dekat tapi rumit dengan Irak, dengan pengaruh signifikan di antara kelompok-kelompok politik Syiahnya.

Kedua negara pernah pad 1980 hingga 1988 dan pengaruh Teheran di Baghdad tumbuh setelah invasi pimpinan AS 2003 ke Irak menggulingkan pemerintahan Saddam Hussein.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini