nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Ibaratkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti Daendels

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 10 April 2019 12:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 10 337 2041483 jokowi-ibaratkan-menteri-pupr-basuki-hadimuljono-seperti-daendels-QJSLN1ijqA.jpg Presiden Jokowi meresmikan Tol Pasuruan-Ponorogo (Foto: Fakhrizal Fakhri)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut saat masa penjajahan infrastruktur pembangunan Jalan Anyer-Panarukan dikerjakan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Herman Willem Daendels. Sekarang, pembangunan Tol Trans Jawa mulai dari Merak-Bakauheni akan dibangun Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Kalau dulu ada Anyer Panarukan yang dikerjakan Daendels, sekarang ada Merak Banyuwangi yang dikerjakan Menteri PU," kata Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Pasuruan-Ponorogo (Paspro) di Pintu Gerbang Tol Probolinggo Timur, Jawa Timur, Rabu (10/4/2019).

(Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo

Jokowi berharap, tembusnya jalan tol dari Merak sampai Banyuwangi bisa meningkatkan perekonomian warga lantaran akses mobilitasnya yang telah cepat dan mudah.

"Juga kita harapkan kawasan-kawasan industri kecil, mikro, yang ada di daerah akan cepat berkembang karena akses logistik ke barang, produk lebih mudah, murah, dan lebih efisien," ujarnya.

Jokoei 

Kepala Negara memaparkan, saat ini jalan Tol Trans Jawa telah tembus mulai dari Merak sampai ke Probolinggo dengan panjang 962 kilometer. Sementara, untuk jalan Tol dari Merak ke Banyuwangi akan panjang 1.148 kilometer.

"Berarti kurang 186 kilometer. Insya Allah tembusnya tahun 2021," ujarnya.

(Baca Juga: Pagi Ini Jokowi Meresmikan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan bahwa pembangunan jalan tol memerlukan waktu untuk mempercepat naiknya pertumbuhan ekonomi. Sehingga, ia menilai, tak ada pembangunan yang berdampak instan untuk masyarakat.

Jokowi pun meresmikan jalan Tol Paspro untuk ruas 1,2, dan 3 dengan jalan Tol Pasuruan-Probolinggo dan Probolinggo-Pasuruan. "(Jadi) memerlukan proses, tahapan-tahapan menuju ke sana," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini