nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BSSN Dorong Penyelenggara Sistem Elektronik Terapkan ISO 27001

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 10 April 2019 13:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 10 525 2041520 bssn-dorong-penyelenggara-sistem-elektronik-terapkan-iso-27001-hwdfmLFnWP.JPG Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN, Irjen Pol Dharma Pongrekun (Foto: CDB Yudistira/Okezone)

BANDUNG - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) Indeks Keamanan Informasi (KAMI) bagi penyelenggara sistem elektronik di Hotel Harris, Jalan Cimbeuleuit, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (10/4/2019).

Kegiatan Bimtek Indeks KAMI ini bertujuan membantu penyelenggara sistem elektronik guna pengamanan sistem informasi serta mendorong menggunakan standar ISO 27001.

Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN, Irjen Pol Dharma Pongrekun mengatakan, kegiatan ini sesuai peran BSSN berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 Tahun 2017 sebagai pelaksana tugas keamanan siber yang berfungsi secara efektif dan efisien memanfaatkan, mengembangkan dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber nasional.

"Dalam kegiatan ini kita mendorong para penyelenggara sistem elektronik untuk menjaga keamanan informasi data di setiap sektor dengan menggunakan standar ISO 27001," ujar Dharma.

Penerapan ISO 27001 menurutnya sangatlah penting demi menjaga kenyamanan para pengguna layanan sistem elektronik, seperti fintech dan e-commerce. "Jadi ini merupakan standar yang sudah dibangun secara internasional dan sudah diterapkan di berbagai negara," tuturnya.

Pihaknya lanjut Dharma, akan terus mendorong para penyedia layanan sistem elektronik untuk menerapkan standar keamanan eketronik tersebut.

"Kita sedang bangun sekarang, supaya menggunakan standar ISO 27001 sebagai standar untuk keamanan informasi di setiap pelayanan sistem elektronik," ujarnya.

Turut hadir dalam acara ini yakni perwakilan dari OJK selaku regulator penyelenggaraan Fintech Peer to Peer (P2P) Lending dan Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI) selaku wadah yang menaungi penyelenggara Fintech P2P Lending.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini