nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump: Saya Tidak Tahu Apa-Apa Soal Wikileaks

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 15:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 12 18 2042567 trump-saya-tidak-tahu-apa-apa-soal-wikileaks-zsP4hx95YB.jpg Presiden AS, Donald Trump. (Foto: Reuters).

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengaku tidak banyak tahu mengenai kontroversi Wikileaks menyusul penangkapan pendirinya, Julian Assange, di Inggris pekan ini. Banyak yang menilai komentar tersebut merupakan upaya Trump menjauhkan diri dari isu tersebut karena dia diketahui menyebut publikasi Wikileaks selama kampanyenya pada Pemilihan Presiden 2016.

"Saya tidak tahu apa-apa tentang WikiLeaks. Itu bukan urusan saya," kata Trump kepada wartawan di Ruang Oval Gedung Putih sebagaimana dilansir Sputnik, Jumat (12/4/2019).

Meskipun dia mengakui bahwa dia "telah melihat apa yang terjadi dengan Assange", dia masih bersikeras bahwa posisi Washington terhadap pendiri WikiLeaks itu akan ditentukan oleh Jaksa Agung William Barr.

BACA JUGA: Suakanya Dicabut, Pendiri Wikileaks Julian Assange Ditangkap di London

Ada kekhawatiran dari beberapa pihak bahwa Inggris akan mengekstradisi Assange ke AS di mana dia bisa diadili dan dipenjara atas tuduhan peretasan komputer dan spionase. Tetapi Inggris telah menjanjikan kepada Ekuador bahwa Assange tidak akan diekstradisi ke negara yang memberlakukan hukuman mati.

Banyak media yang menyatakan bahwa komentar Trump tersebut kontradiktif karena dia berulangkali menyebut Wikileaks selama kampanyenya pada 2016. Wikileaks merilis bocoran surel saingannya Hillary Clinton yang kemudian dimanfaatkan Trump selama pemilihan presiden.

BACA JUGA:

NBC News menghitung bahwa Trump menyebutkan WikiLeaks sebanyak 145 kali sepanjang Oktober 2016. Sementara Daily Beast tweeted montase saat-saat Trump menyebutkan Wikileaks selama kampanyenya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini