nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa M 6,9 di Banggai Sulteng Berpotensi Tsunami, Warga Poso Panik dan Histeris

Agregasi VOA, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 20:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 12 340 2042770 gempa-m-6-9-di-banggai-sulteng-berpotensi-tsunami-warga-poso-panik-dan-histeris-6jAY4DuAPR.jpeg ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Gempa dengan magnitudo 6,9 mengguncang Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah (Sulteng) sekira pukul 19.40 WIB tadi. Gempa yang berpotensi memunculkan tsunami itu getarannya terasa hingga ke Kabupaten Poso.

Koresponden VOA di Poso Yoanes Litha, melaporkan kepanikan terjadi ketika gempa mengguncang wilayah itu.

“Sekitar jam 19.40 WIT guncangan gempa kuat menimbulkan kepanikan warga yang berhamburan dari rumah masing-masing. Warga histeris, anak-anak menangis. Belum diperoleh informasi lebih lengkap dimana pusat gempa dan kekuatannya, tetapi semua warga kini lari ke luar rumah dan kemungkinan akan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” lapornya, Jumat (12/4/2019) malam.

“Aliran listrik sempat padam namun sekitar lima menit kemudian aliran listrik normal kembali,” sebutnya seperti dikutip dari VOA Indonesia.

Martianus Zakaria (48), warga Poso mengatakan, saat gempa mengguncang, dia langsung mengeluarkan seluruh anggota keluarganya dari rumah.

“Saya kira kekuatan gempa tadi memang kuat sekali, kencang, saya sendiri ketika mau berdiri hampir jatuh karena pusing kepala. Kuatnya getaran gempa tadi. Kami semua lari berhamburan keluar rumah karena jangan sampai roboh. Anak istri lari keluar ke tempat yang jauh dari bangunan yang mudah roboh," kata Martinus.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini