Share

KPU Pastikan Persiapan Debat Pilpres Terakhir Berjalan Lancar

Achmad Fardiansyah , Okezone · Jum'at 12 April 2019 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 12 605 2042527 kpu-pastikan-persiapan-debat-pilpres-terakhir-berjalan-lancar-2VbLQ7x9V6.jpeg Komisioner KPU Viryan Aziz (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan debat terakhir sudah siap dilaksanakan yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta, pada Sabtu 13 April 2019. Debat terakhir akan melibatkan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Persiapan debat alhamdulillah seluruh tahapan teknis berjalan dengan lancar, tentunya ini debat terakhir, KPU sudah menyelenggarakan 4 kali, kebetulan tempatnya juga sama di Hotel Sultan untuk yang ketiga kali," kata Komisioner KPU, Viryan Aziz kepada wartawan, Jumat (12/4/2019).

(Baca Juga: TKN Sebut PKH Efektif Turunkan Angka Kemiskinan

Viryan membeberkan, kali ini KPU hanya fokus pada simulasi pelaksanaan debat yang dilakukan oleh televisi penyelenggara dan diikuti juga oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

"Maka, persiapan teknis lebih kepada bagaimana memastikan proses teknis lebih siap dan lebih baik. Siang ini akan dilakukan gladi resik oleh TV penyelenggara. Nanti malam pukul 19.00, gladi kotor dengan TKN 01 dan BPN 02 dan kami. Kemudian, besok siang pukul 13.00 WIB dilakukan gladi resik secara menyeluruh," tuturnya.Debat kelima

Saat ditanya apakah KPU akan mengakomodir permintaan undangan, Viryan menegaskan perihal itu tidak dapat diwujudkan oleh KPU. "Semangatnya adalah banyak pihak yang ingin melihat secara langsung, namun sepenuhnya tidak dapat diwujudkan oleh KPU.

Untuk itu, pihaknya sudah membahas secara teknis poin-poin apa yang perlu diperhatikan dengan tetap mengakomodir apa yang diinginkan Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres nomor urut 01 dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) nomor urut 02.

(Baca Juga: Elektabilitas di Bogor Sama Kuat, Jokowi Minta Pendukungnya Kerja Lebih Keras)

Lantaran ini merupakan debat penutup, KPU meminta masyarakat menyambut dengan riang gembira dan menyarankan agar menonton di rumah masing-masing. "Karena ini debat terakhir debat pamungkas mudah-mudahan suasananya dengan riang gembira. Pasangan capres dan cawapres dapat mengoptimalkan waktu debat menyampaikan visi misi program," tuturnya.

Para pemilih diharapkan dapat menonton di rumah masing masing atau lewat media yang lain, dan ini bisa menjadi bagian dari pertimbangan pemilih untuk menentukan pilihannya pada 17 April. Tema debat kelima ini, ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, dan industri.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini