Hari Pencoblosan di Jerman, WNI di Berlin Paling Banyak Serbu TPS

Minggu 14 April 2019 09:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 14 605 2043342 hari-pencoblosan-di-jerman-wni-di-berlin-paling-banyak-serbu-tps-7ZnkSy7ZEB.JPG WNI di Berlin berikan hak suara Pemilu 2019 (Foto: KBRI Berlin)

BERLIN - Seribuan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Berlin dan sekitarnya, menggunakan hak pilihnya pada Pilpres dan Pileg 2019. Kegiatan pemilihan berlangsung di Gedung Serba Guna, Jegengästehaus Hauptbahnhof, Berlin, Jerman.

Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroeno mengungkapkan, dibandingkan wilayah-wilayah lain di Jerman, jumlah pemilih di Berlin memang bukan yang terbanyak. Namun, untuk pemilih melalui TPS, Berlin adalah yang terbanyak.

Sementara, Ketua PPLN Berlin, Roni Soesman bahwa jumlah pemilih di wilayah Berlin adalah sebanyak 2.184 orang. Di mana 1.372 di antaranya menyalurkan hak pilih melalui TPS. Pada Pemilu tahun ini, PPLN Berlin tidak menyelenggarakan pemilihan melalui Kotak Suara Keliling (KSK).

Lebih lanjut Roni mengomentari, untuk mengamankan surat suara, PPLN Berlin menggunakan jasa penitipan barang berharga (deposit center). Deposit Center ini dijaga ketat oleh petugas keamanan setempat dan dilengkapi dengan kamera pengawas (CCTV).

WNI di Berlin

Ruang penyimpanan dipastikan anti air dan anti api. Penyewaan ruang penyimpanan ini dilakukan sekitar sebulan yang lalu, sejak surat suarta mulai diterima dari KPU Pusat.

“Ruang penyimpanan ini hanya bisa dimasuki oleh petugas keamanan setempat. Untuk mengaksesnya hanya diberikan kepada tiga orang, yaitu Ketua PPLN, Ketua KKPSLN TPS dan Ketua KPPSLN Pos," ujar Roni, dalam siaran pers KBRI Berlin yang diterima Okezone, Minggu (14/4/2019).

Mobilisasi surat suara dari Deposit Center ke TPS kata dia, dikawal bersama oleh anggota PPLN dan KPPSLN Berlin. “Kita berusaha semaksimal mungkin mengamankan surat suara ini, apalagi antara hari pemilihan dengan hari perhitungan suara ada selang waktu sekitar empat hari,” kata dia.

Perhitungan suara untuk pemilihan di Berlin akan dilangsungkan hari Rabu, 17 April 2019. Perhitungan yang akan diadakan di KBRI Berlin adalah untuk hasil pemilihan melalui TPS maupun untuk Pos. Dengan demikian hasil pemilihan secara keseluruhan diperkirakan sudah dapat diperoleh pada tanggal 17 nanti.

WNI di Berlin

Dubes Oegroseno menyampaikan apresiasi atas kerja keras seluruh pihak yang terlibat. “Antusias WNI di Berlin untuk datang ke TPS sangat tinggi. Dan secara umum kegiatan berjalan lancar. Selamat dan terima kasih untuk PPLN, KPPSLN, seluruh personel yang terlibat serta masyarakat Indonesia tentunya. Meski pilihan berbeda tetapi tetap damai dan saling menghargai. Ini menunjukkan kehidupan demokrasi kita yang lebih matang," kata Oegroseno.

Untuk diketahui. Pemilu 2019 di Berlin didukung oleh lima anggota PPLN, tiga anggota sekretariat, 15 orang anggota KKPSLN TPS, dan tiga orang KPPSLN pos. Selain itu pada saat pemilihan di TPS juga dikawal oleh 15 saksi independen dari masyarakat Indonesia dan petugas keamanan setempat.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini