nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Prancis Berjanji Bangun Kembali Katedral Notre-Dame yang Dilalap Api

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 10:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 16 18 2044060 presiden-prancis-berjanji-bangun-kembali-katedral-notre-dame-yang-dilalap-api-NP5pumkwzW.jpg Presiden Prancis, Emmanuel Macron. (Foto: Reuters)

PARIS – Presiden Prancis, Emmanuel Macron berjanji akan membangun kembali katedral Notre-Dame setelah sebagian besar bangunan bersejarah itu dilalap api pada Senin waktu setempat.

"Notre-Dame adalah sejarah kita, literatur kita, bagian dari jiwa kita, tempat semua peristiwa besar kita, epidemi kita, perang kita, pembebasan kita, pusat kehidupan kita," kata Macron kepada wartawan di depan Paris yang masih terbakar sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (16/4/2019).

BACA JUGA: Gereja Notre Dame Terbakar saat Sedang Direnovasi

Dia mengatakan bahwa rakyat Prancis sangat terpengaruh dengan insiden kebakaran tersebut dan mengumumkan peluncuran kampanye penggalangan dana untuk membangun kembali katedral bersejarah itu.

“Mari kita bangga, karena kita membangun katedral ini lebih dari 800 tahun yang lalu, kita telah membangunnya dan, selama berabad-abad, membiarkannya tumbuh dan memperbaikinya. Jadi saya sungguh-sungguh mengatakan malam ini: kita akan membangunnya kembali bersama,” tambahnya.

BACA JUGA: Gereja Notre Dame Terbakar, Presiden Prancis Bersedih

Katedral Notre-Dame yang ikonik terbakar saat sedang menjalani renovasi pada Senin, 15 April. Kebakaran tersebut melalap bagian puncak menara katedral tanpa bersisa. Belum diketahui apa yang menyebabkan munculnya api.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini