nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nostradamus Disebut Telah Ramalkan Kebakaran di Katedral Notre-Dame

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 18:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 16 18 2044311 nostradamus-disebut-telah-ramalkan-kebakaran-di-katedral-notre-dame-vIdsJtnQCM.jpg Foto: Reuters.

NOSTRADAMUS mungkin merupakan peramal paling dikenal dalam sejarah dunia. Para pendukungnya meyakini bahwa tokoh yang hidup di abad ke-16 itu telah meramal berbagai peristiwa penting di dunia seperti Kebakaran Besar London pada 1666 sampai kebangkitan Adolf Hitler, sementara mereka yang tidak mempercayainya mengatakan bahwa ramalan Nostradamus dibuat sedemikian rupa agar dapat diinterpretasikan oleh pembacanya melalui bias dan ekspektasi mereka sendiri.

Setelah kebakaran yang melanda Katedral Notre-Dame pada Senin, 15 April 2019, muncul spekulasi bahwa peristiwa ini pun sudah pernah diramalkan oleh Nostradamus.

BACA JUGA: Altar dan Salib Notre-Dame Tetap utuh Meski Interior Katedral Hancur Akibat Kebakaran

Sepanjang kariernya, Nostradamus, menyusun buku kuatrain (bait-bait) yang diduga meramalkan kejadian di masa depan. Mereka dibagi menjadi 100 bagian yang disebut Centuries dan menjadi bagian dari buku “Les Prophéties” (Ramalan).

Sebagian besar dari apa yang disebut sebagai ramalan dalam buku itu disusun dengan kata-kata yang samar dan terbuka untuk interpretasi pembaca. Beberapa bait telah dikaitkan dengan berbagai peristiwa yang terjadi berabad-abad terpisah.

Salah satu yang meyakini kaitan ramalan Nostradamus dengan kebakaran Katedral Notre-Dame adalah ahli astrologi Inggris, Jessica Adams. Dia mengutip salah satu ramalan yang ditemukan dalam buku "The Complete Prophecies of Nostradamus" yang menurutnya cocok dengan apa yang terjadi di Notre-Dame. Bait itu diterjemahkan sebagai berikut:

"Kepala Aries, Jupiter dan Saturnus,

Ya Tuhan abadi, perubahan apa yang bisa diharapkan?

Setelah abad yang panjang, kejahatan akan kembali

Prancis dan Italia, emosi apa yang akan Anda alami? "

Adams mengklaim bahwa penempatan planet dan lambang zodiak di bagan astrologi cocok dengan tanggal 15 April 2019.

"Apa yang kita lihat di sini adalah Chiron memang di 'kepala Aries' di hanya tiga derajat dari tanda zodiak. Matahari, jeruk membara saat matahari terbenam di Paris ketika Notre Dame jatuh, juga di Aries, dalam bagan astrologi ini ditetapkan untuk hari Senin 15 April 2019 pukul 17.50, Paris, Prancis," tulisnya sebagaimana dilansir Sputnik, Selasa (16/4/2019).

"Apa itu Chiron? Simbol orang dan organisasi yang berani. Luar biasa. Yang lolos dari apa yang disebut mustahil. Pada saat ini saya akan melihat WikiLeaks, Julian Assange dan posting File Suriah mereka yang terkenal, beberapa tahun yang lalu, disebut Ramalan Notre-Dame (Notre-Dame Prophecy). Ya, Anda memang membaca itu. Ramalan Notre-Dame. "

Notre-Dame Prophecy juga dikenal sebagai File Suriah adalah dokumen berisi lebih dari dua juta surel dari tokoh politik Suriah, kementerian dan perusahaan terkait, yang berasal dari Agustus 2006 hingga Maret 2012, saat di mana negara itu sedang mengalami konflik internal hebat yang menewaskan 6.000 sampai 15.000 orang dalam jangka 18 bulan. Notre-Dame Prophecy diunggah oleh Wikileaks pada Juli 2012.

Adams juga menghubungkan ramalan Nostradamus dengan pidato Presiden Prancis, Emmanuel Macron menyusul terbakarnya katedral ikonik di Paris tersebut.

"Emosi seluruh bangsa. Pikiran bersama dengan umat Katolik dan semua orang Prancis. Seperti semua warga negara lainnya, aku sedih melihat bagian kita ini terbakar," kata Macron dalam pidatonya.

Adams percaya bahwa kata 'emosi' muncul di baris keempat dan bagian dari nama depan presiden Macron - yang diterjemahkan dari bahasa Ibrani sebagai 'Tuhan bersama kita' yang muncul di baris kedua sebagai bukti lain dari kesahihan ramalan Nostradamus tersebut.

Kebetulan, kebakaran Notre Dame terjadi selama Pekan Suci dan terjadi pada saat Gereja Katolik diguncang oleh skandal pelecehan seksual yang semakin meluas.

BACA JUGA: Makna Katedral Notre-Dame bagi Warga Prancis

Pekan lalu, Paus Benediktus XVI menyalahkan pelecehan seksual pada pemuka agama atas "kebebasan seksual habis-habisan" pada 1960-an; beberapa orang yang ketakutan mengatakan ini bisa menjadi pertanda akhir zaman.

Di saat kebakaran melanda Notre-Dame, api juga muncul di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, salah satu tempat suci agama dunia. Banyak warganet yang menyebut rangkaian insiden ini terlalu aneh untuk disebut sebagai sebuah kebetulan dan menduganya sebagai sebuah pertanda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini