Kasus Surat Suara Tercoblos, BPN Prabowo Minta Dubes Malaysia Beri Pernyataan

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 07:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 16 605 2043989 kasus-surat-suara-tercoblos-bpn-prabowo-minta-dubes-malaysia-beri-pernyataan-YySpXRjW94.jpg Jubir BPN Prabowo-Sandi, Danhil Anzar (foto: Okezone)

JAKARTA - Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, yakni Dahnil Anzar merasa bingung dengan sikap diam yang dilakukan oleh Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana terkait kasus surat suara yang sudah tercoblos.

Padahal menurut Dahnil, Rusdi Kirana selaku pejabat dari Indonesia yang bertugas di sana seharusnya memberikan pernyataan mengenai masalah itu. Terlebih lagi, ada isu bahwa sang putra, yakni surat suara Davin Kirana turut tercoblos.

Baca Juga: Jokowi Minta Bawaslu dan Polri Investigasi Surat Suara Sudah Tercoblos di Malaysia 

“Justru yang harus bertanggung jawab dubes,” ujar Dahnil saat ditemui di Media Center Prabowo-Sandi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2019).

“Karena enggak ada statement sama sekali dari Rusdi Kirana. Apalagi yang dicoblos adalah anaknya salah satunya. Tentu dia yang harus ada statement, tentu kita sayangkan,” sambungnya.

 

Dikarenakan surat suara milik anaknya yang mendaftarkan diri sebagai caleg DPR Dapil II, Dahnil mengkhawatirkan kalau Rusdi Kirana menyalahgunakan jabatan atau wewenang yang dimiliki.

“Di luar negeri saja ada upaya kecurangan. Setiap dubes kan ditunjuk langsung oleh presiden, tentu kita berharap potensi, dugaan kecurangan enggak ada di dalam negeri. Anda bayangkan saja di luar negeri ada perlawanan yang luar biasa,” terang Dahnil.

“Makanya pesan para sekjen adalah netralitas aparat hukum diperlukan. Polisi, tentara, jaksa dan semuanya dibutuhkan. Jangan samapo ada proses pemilu yang mendelegitimasi. Jadi kalau mereka menuduh ada upaya deligitimasi, justru kecurangan itu mempertontonkan upaya delegitimasi,” tambah dia.

Baca Juga: Gerindra Minta Dubes Malaysia Beri Penjelasan Terkait Surat Suara Tercoblos

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini