nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembakar Kotak Suara di Jambi Oknum Caleg & Adik Kandungnya

Nanang Fahrurozi, Jurnalis · Senin 22 April 2019 22:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 22 340 2046714 pembakar-kotak-suara-di-jambi-oknum-caleg-adik-kandungnya-BUP3zqR3nT.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAMBI - Kasus Pembakaran kotak suara di TPS 1,2 dan 3 pada 18 April 2019 lalu di Desa Koto Padang, Kecamatan Tanah Kampung, Kota Sungai Penuh, Jambi ahirnya ditangkap polisi.

Informasi dihimpun, dua tersangka pembakar kotak suara bernama Khairul Saleh (53) yang merupakan caleg dari PDIP Jambi warga Desa Koto Padang Kecamatan Tanah Kampung, Kabupaten Kerinci, Jambi sedangkan rekannya tidak lain adalah adik kandungnya sendiri bernama Robin Janet (31) yang bertugas sebagai anggota PPL pemilu 2019.

 (Baca juga: Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Kotak Suara Pemilu di Jambi)

Ketua Bawaslu Kota Sungai Penuh, Jambi Jumiral Lestari mengatakan dua tersangka pembakar kotak suara merupakan saudara kandung yang saat ini sedang diperiksa di Polda Jambi.

"Dua tersangka ini saudara kandung sedangkan abangnya bernama Khairul Saleh seorang caleg dari partai PDIP Jambi," terangnya, Senin (22/4/2019).

 sd

Jumiral Lestari menyebutkan, pelaku pembakaran kotak suara di TPS 1,2 dan 3 di Desa Koto Padang, Kecamatan Tanah Kampung, Kota Sungai Penuh, Jambi yakni adik Caleg, sedangkan abang kandung sendiri turut serta ikut melakukan sehingga ditetapkan sebagai tersangka.

"Ada juga satu PNS bernama Azwarlis (55) diduga juga turut serta dalam pembakaran dan langsung menyerahkan diri ke Polres namun saat ini masih sebagai saksi," jelasnya.

 (Baca juga: Polisi Selidiki Pembakaran 15 Kotak Suara di Jambi)

Terpisah Devisi SDM Bawaslu Provinsi Jambi Rofiqoh mengatakan, terkait pembakaran surat suara dan surat suara di tiga TPS bakal diadakan pungutan suara ulang.

"Ya akan dilakukan pungutan suara ulang baik suara Presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI dan DPRD Jambi," tandasnya.

Diketahui sebanyak 13 kotak Suara di TPS 1,2 dan 3 di Desa Koto Padang, Kecamatan Tanah Kampung kota Sungai Penuh dibakar massa. kejadian ini pihak panitia TPS langsung ketakutan karena secara mendadak datang ke TPS dan terjadi keributan serta langsung membakar kotak suara pemilu 2019.

 sds

(wal)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini