KPU Sulut Bakal Gelar PSU Khusus Pemilihan Presiden Pada 25 April

Subhan Sabu, Okezone · Senin 22 April 2019 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 22 606 2046353 kpu-sulut-bakal-gelar-psu-khusus-pemilihan-presiden-pada-25-april-fjlkz0zAvP.jpg KPU Sulut (Foto: Subhan/Okezone)

MANADO - Beberapa wilayah di Sulawesi Utara (Sulut) bakal melakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU) dikarenakan rata-rata pemilih yang tidak terdaftar dan memiliki KTP luar serta tidak memiliki form A5 diberikan kesempatan untuk memilih.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bawaslu Sulut, Herwin Malonda. Namun menurutnya PSU nantinya hanya akan memilih calon Presiden. Bawaslu Sulut sudah memberikan rekomendasi ke bawaslu di daerah-daerah yang akan melakukan PSU.

"Di Kota Kotamobagu 4 TPS, Minahasa 2 TPS, Bolaang Mongondow Utara 2 TPS, Minahasa Utara 3 TPS, Manado 11 TPS, Bitung 5 TPS, Talaud 3 TPS," ujar Herwin Malonda, Senin (22/4/2019).

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh, menyampaikan sudah menerima rekomendasi dari Bawaslu Sulut terkait TPS yang akan PSU. Tapi jumlah pastinya berapa TPS belum ada karena masih menunggu lagi apakah ada penambahan TPS atau tidak.

“Namun ketentuannya kami akan kaji terlebih dahulu, sesuai dengan Undang-undang adanya unsur-unsur yang sudah terpenuhi terkait dilaksanakan PSU, tapi kami sudah targetkan PSU di Sulawesi Utara tanggal 25 April ini,” jelas Ardiles Mewoh.

PSU

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Kotak Suara Pemilu di Jambi

Dipilihnya tanggal 25 April menurut Mewoh karena pihaknya masih harus mempersiapkan logistik dan penyelenggara serta sosialisasi kepada pemilih. KPU Sulut juga telah mengajukan ke KPU RI terkait dengan pengadaan logistik untuk PSU.

Karena akan dilakukan PSU maka Mewoh berharap agar pemilih yang dimana adanya TPS tetap menggunakan hak pilihnya, karena ini sangat penting. Maka KPU sampaikan lagi agar gunakan hak pilihnya, jangan tidak datang lagi ke TPS sayang sekali kalau suaranya hilang.

"Pada prinsipnya KPU Sulut telah siap untuk menyelenggarakan PSU di daerah-daerah yang telah di rekomendasikan dari Bawaslu Sulut," ujar Mewoh.

Sementara itu, di Kota Manado sebagai wilayah terbanyak yang akan melakukan PSU, ada 10 TPS yanga akan PSU untuk pemilihan Capres ditambah dengan 1 TPS khusus di Rumah Sakit Prof Kandouw, Malalayang.

TPS khusus di rumah sakit tersebut bakal melakukan Pemilihan semuanya, baik itu Capres, DPD, dan caleg Kabupaten kota serta DPR Provinsi dan DPR RI. Pasalnya, dokter dan perawat pada waktu Pemilu yang lalu, mereka tidak dapat memilih.

Sekira 100 orang lebih dokter dan perawat yang tidak bisa memilih meski telah memilik form A5, sehingga KPU memutuskan untuk mendirikan TPS khusus di rumah sakit tersebut.

PSU

Sedangkan untuk 10 TPS yang akan melakukan PSU dikarenakan masih banyak warga pendatang yang tidak memilih. Sehingga KPU memutuskan untuk melakukan PSU. Hal ini diungkapkan Ketua KPU Manado, Sunday Rompas bahwa direncanakan KPU Manado akan melaksanakan PSU. TPS yang akan PSU diantaranya di Kelurahan Malalayang dan Kelurahan Paal 4 serta di Rumah Sakit Prof Kandouw.

“Ini sebenarnya karena kelelahan petugas bawah di TPS sehingga harus dilakukan PSU, meski kami dari KPU telah melakukan bimtek ke petugas di TPS, tapi mungkin karena faktor keletihan,” jelas Rompas.

Sedangkan untuk logistik kalau untuk surat suara capres menurut Rompas cukup mudah untuk didapat. Tapi untuk surat suara dapil masih harus berkoordinasi terlebih dahulu.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini