4 Petugas PPK di Tangerang Tumbang Usai Rekapitulasi Suara

Anggun Tifani, Jurnalis · Selasa 23 April 2019 13:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 23 606 2046952 4-petugas-ppk-di-tangerang-tumbang-usai-rekapitulasi-suara-FhdGukIfNl.jpg

TANGERANG - Ketua PPK Kecamatan Tangerang Nanang Sutrisno, pingsan hingga dilarikan ke rumah sakit usai kepayahan melakukan perhitungan surat suara di Gelanggang Olahraga Dimiyati (GOR), Kota Tangerang.

Dikatakan Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra, pihaknya telah mendapatkan laporan banyaknya petugas yang kelelahan saat proses perhitungan surat suara.

"Betul, kami sudah banyak laporan terkait petugas yang kelelahan karena perhitungan surat suara bahkan, sudah ada empat petugas yang harus mendapatkan perawatan. Soalnya tidak bisa dipungkiri, surat suara yang dihitung itu cukup banyak dan terdapat lima jenis surat yang pasti memakan waktu lama," ujarnya, Selasa (23/4/2019).

Alhasil kini, dia mengimbau agar petugas dapat tetap menjaga kesehatan, dan tidak memaksakan diri jika memang telah kelelahan.

"Memang dikasih target penyelesaian perhitungan tapi, kami juga minta jangan dipaksakan bila kodisi tubuh tidak memungkinkan lagi. Sebetulnya, waktu perhitungan tingkat kecamatan itu ditentukan atau disepakati oleh para petugas sendiri, kita tidak pernah meminta satu hari beres yang penting tidak melampaui target perhitungan yang ditentukan KPU RI pada 4 Mei 2019," tuturnya.

Saat ini KPU Kota Tangerang juga telah menyediakan, pemeriksaan termasuk pemberian suplemen agar kondisi para petugas yang melakukan aktivitas rekapitulasi suara tetap terjaga.

Antisipasi serupa juga dilakukan di wilayah Kabupaten Tangerang pihak Pemerintah Daerah telah mengantisipasi dampak fatal terkait kesehatan yang akan berakibat pada petugas.

Ketua Desk Pemilu Tangerang, Maesyal Rasyid mengatakan, hal itu dilakukan dengan cara memerintahkan petugas kesehatan, untuk selalu mengecek atau melakukan kontrol kesehatan pada petugas.

(Baca Juga: Petugas KPPS Meninggal Bertambah Jadi 91 Orang, 374 Jatuh Sakit)

"Kita minta petugas kesehatan harus stand by di setiap lokasi perhitungan, sarana dan prasarana kesehatan juga kita minta ada disana, seperti oksigen, obat-obatan ataupun pemeriksaan tensi darah," ucapnya.

Hingga kini, proses perhitungan masih terus berlangsung baik itu di tinggat Kecamatan ataupun KPU Kota/Kabupaten. Sebelumnya di Sukamulya Kabupaten Tangerang telah dilakukan Pemungutan Suara Ulang, dengan hasil capres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai pemenangnya. Sementara di Kota Tangerang, pada Sabtu 27 April 2019 nanti, 22 TPS akan melakukan penguatan suara ulang akibat adanya kesalahan prosedur.

(kha)

Berita Terkait

Pemilihan Legislatif

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini