Ini 8 Identitas Petugas Pemilu yang Meninggal Dunia di Bekasi

Wijayakusuma, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 03:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 25 605 2047714 ini-8-identitas-petugas-pemilu-yang-meninggal-dunia-di-bekasi-LgIJdYql9W.jpg Prosesi pemakaman pamsung Ramdani dihadiri puluhan warga. (Foto : Wijayakusuma/Okezone)

BEKASI – Berita duka terus berdatangan pascaperhelatan Pemilu 2019. Setelah Kota Bekasi yang kehilangan 4 orang petugas KPPS, kali ini wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, juga kembali menambah daftar petugas Pemilu yang gugur menjadi empat orang.

Kabar teranyar menyebutkan Ciman (52), petugas pengamanan langsung (Pamsung) Linmas TPS Desa Karangmulya, Bojongmangu, mengembuskan napas pada Rabu malam. Warga Kampung Bedeng RT 08 RW 04, Desa Karangmulya, itu meninggal akibat faktor kelelahan selama mengawal proses Pemilu 2019.

"Ya sepertinya (meninggal) karena faktor kelelahan," kata Ketua KPUD Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin di Bekasi, Rabu (24/4/2019).

Sementara ada tiga korban petugas Pemilu di Kabupaten Bekasi yang sebelumnya meninggal secara beruntun dalam tugas. Mereka adalah Boris petugas KPPS Desa Kertarahayu, Setu, Budi petugas KPPS 63 Desa Simpangan, Cikarang Utara, dan Ramdani Petugas Pengamanan Langsung (Pamsung) TPS 26 Desa Lubang Buaya, Setu.

Prosesi pemakaman Pamsung Ramdani Dihadiri Puluhan Warga. (Foto : Wijayakusuma/Okezone)

Boris meninggal sehari sebelum pencoblosan, sementara Budi meninggal sehari pascapencoblosan. Sedangkan Ramdani mengembuskan napas pada Senin, 22 April 2019. Seluruh korban diduga alami kelelahan selama menjalankan tugas pada pesta demokrasi.

"Pemilu tahun ini kan memang lebih berat beban kerjanya, jadi jelas sangat membawa dampak kelelahan yang luar biasa, di samping faktor penyakit tentunya," ujarnya.

Selain itu, terdapat pula satu petugas KPPS yang mengalami luka serius akibat kecelakaan, atas nama Roni, petugas KPPS 112, Kelurahan Bahagia, Babelan.

Kondisi memprihatinkan ini diakui Jajang sudah dilaporkan ke KPU Provinsi Jawa Barat, agar secepatnya ditindaklanjuti oleh KPU Pusat.


Baca Juga : MUI Imbau Masyarakat Jangan Terjebak Perselisihan Pasca-Pemilu

"Terkait bantuan, kita masih menunggu tindak lanjut dari KPU untuk masalah ini. Yang jelas sudah kita laporkan," tuturnya.

Sebelumnya, empat petugas KPPS Kota Bekasi juga berguguran usai pelaksanaan Pemilu 2019. Mereka adalah Ahmad Salahudin (43), Ketua KPPS 81, RT 03 RW 10, Kelurahan Kranji, Bekasi Barat, Fransiskus Asis Ismantara (53) Ketua KPPS TPS 31, RT 07 RW 02, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Rawalumbu, dan Sudirjo (58) anggota KPPS di TPS 126 Jalan Panjaitan Nomor 9 RT 04 RW 14, Kelurahan Arenjaya, Bekasi Timur, dan Sony Sumarsono, petugas KPPS TPS 26 Jatirahayu.


Baca Juga : Cerita Keluarga Petugas KPPS yang Gugur Usai Mengawal 'Pesta Demokrasi' di Bekasi

(erh)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini