Pengamat: Kinerja Parlemen Takkan Membaik jika Masih Diisi Partai Lama

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 16:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 25 606 2047993 pengamat-kinerja-parlemen-takkan-membaik-jika-masih-diisi-partai-lama-VdLHvV2aUv.JPG Koordinator Komite Pemilih Indonesia, Jerry Sumampouw (Foto: Sarah Hutagaol/Okezone)

JAKARTA - Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi), Jerry Sumampouw memperediksi kondisi parlemen nantinya tidak akan mengalami perubahan, kendati bakal diisi oleh para anggota baru yang terpilih pada Pemilu Legislatif 2019.

Menurut Jerry, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) nantinya akan tetap menampilkan prestasi buruk. Hal tersebut disampaikannya dalam forum diskusi bertajuk "Evaluasi Pileg dan Potret Parlemen Baru" di kawasan Matraman, Jakarta Timur.

"Jadi, culture parlemen pusat masih akan sama. Karena itu kita harus mempersiapkan diri kita untuk menghadapi yang sama, prestasi buruk," ujar Jerry pada Kamis (25/4/2019).

"Meskipun mungkin ada calon-calon baru ya. Tapi culture partainya yang akan menentukan. Jadi, parlemen ini agak sulit kita berharap, karena partai-partainya yang memang selama ini sudah ada di sana," katanya menimpali.

Anggota DPR

Oleh sebab itu, Jerry berharap ada anggota parlemen yang dihasilkan dari partai-partai baru. Ia meyakini jika partai-partai baru akan memberikan dinamika yang baru pula di tubuh parlemen.

"Nah, kalau ada partai baru, Saya setuju ada partai baru di parlemen, ada dinamika baru," tuturnya.

"Kalau sekarang ini tidak terlalu berubah signifikan, masih begitu-begitu saja. Kita mendorong sebetulnya supaya tidak ada lagi lagi perubahan koalisi. Supaya biasanya dalam rangka membuat kabinet presiden suka mengubah-ubah koalisi," ujar Jerry mengakhiri.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini