nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cek Jalur Mudik, Polda Jabar: Kondisi Siap Hadapi Lebaran

CDB Yudistira, Jurnalis · Selasa 07 Mei 2019 14:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 07 525 2052551 cek-jalur-mudik-polda-jabar-kondisi-siap-hadapi-lebaran-TQKBrUMfiq.jpg Ilustrasi jalan (Okezone)

BANDUNG - Memasuki bulan Ramadan, Polda Jabar lakukan sejumlah persiapan menjelang mudik. Pengecekan di jalur selatan, tengah dan utara serta dalam tol, terus dilakukan demi kelancaran arus mudik maupun arus balik.

Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengatakan dirinya sudah melakukan pengecekan bersama jajarannya, untuk persiapan mudik.

 Baca juga: 7 Exit Tol di Jateng Rawan Macet saat Arus Mudik

"Kemarin sudah dicek dan akan terus dicek. Nanti akan dipadukan data dengan Jateng yah dan pusat," katanya, saat ditemui di Bandung, Selasa (7/5/2019).

Meski tidak menjabarkan secara rinci hasil pengecekan, Rudya mengatakan jajarannya dalam keadaan siap menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran. Bahkan ia telah merancang mekanisme pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas saat musim mudik nanti.

"Jabar ini lintasan dan tujuan mudik, pas kemarin saya Asops bersama Korlantas meninjau situasi jalan di Jabar, kendala dan antisipasinya seperti apa," jelasnya.

 Baca juga: Banyak Jalan Tol, Menhub Prediksi Pemudik Pilih Gunakan Kendaraan Pribadi

Selain jalur, pengecekan juga dilakukan di tempat-tempat seperti stasiun, terminal dan bandara serta pelabuhan. Termasuk pengecekan terhadap kondisi personel, peralatan anggota dan kendaraan dinas yang nantinya di pergunakan dalam pengamanan mudik 2019.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya ingatkan masyarakat akan bahaya menggunakan motor saat mudik. Pasalnya angka kecelakaan tertinggi pada musim mudik tahun lalu, banyak di sumbang oleh sepeda motor.

"Bahaya lagi kalau mudik pakai motor. Kami selalu menyampaikan bahwa masyarakat jangan pakai motor kalau mudik karena bahaya, pada tahun lalu kecelakaan pada pengemudi motor mencapai 70 persen," katanya, saat melakukan pengecekan persiapan mudik lebaran 2019 di Terminal Leuwipanjang, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung.

 Baca juga: Korlantas Polri Siap Amankan Mudik Lebaran 2019

Adapun upaya untuk itu, Budi mengajak masyarakat untuk gunakan angkutan umum atau dengan program mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah.

"Pemerintah konsisten menyediakan mudik gratis. Seperti dengan kereta api, motornya gratis hanya bayar orangnya saja, kemudian naik bis, serta kapal laut itu orangnya gratis kendaraannya juga gratis," katanya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini