Menkes : Petugas KPPS Meninggal karena Sakit Jantung dan Infeksi Otak

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 08 605 2053213 menkes-petugas-kpps-meninggal-karena-sakit-jantung-dan-infeksi-otak-r4cmGjq8Jr.jpg Menkes Nila F Moeloek di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (8/5/2019). (Foto : Fadel Prayoga/Okezone)

JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Moeloek, menjelaskan beberapa penyebab meninggalnya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas pada Pemilu 2019. Salah satu di antaranya karena mereka menderita penyakit jantung dan infeksi otak.

Nila mengatakan, sampel itu diambil dari 18 petugas KPPS yang meninggal di wilayah DKI Jakarta. Setelah diteliti, diketahui mereka meninggal karena kelelahan hingga terkena serangan jantung mendadak.

"Dari data 18 orang ini diketahui penyebab meninggal dunia. Delapan orang sakit jantung mendadak, kemudian gagal jantung, liver, stroke, gagal pernapasan, dan infeksi otak meningitis," kata Nila di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019).

Nila menuturkan, umur rata-rata petugas KPPS itu sudah menginjak usia 50 tahun ke atas.

Menkes Nila F Moeloek di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (8/5/2019). (Foto : Fadel Prayoga/Okezone)

"Jadi dari 18 data DKI, dua meninggal dunia usia 70 (tahun), lima meninggal dunia usia 60-69 (tahun) dan delapan meninggal dunia usia 50-59 (tahun). Jadi terbanyak usia tua," katanya.

Ia mengaku telah menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) di seluruh daerah untuk menginvestigasi penyebab para pahlawan demokrasi itu meninggal. Hal tersebut bertujuan mencari solusi dari permasalahan itu agar nantinya tak terulang kembali di pemilu selanjutnya.


Baca Juga : Prabowo Minta Usut Penyebab Meninggalnya Ratusan Penyelenggara dan Pengawas Pemilu 2019

"Setelah mendengar banyak yang meninggal dunia kami segera menugaskan kepada Dinkes untuk bantu pemeriksaan," katanya.

Sekadar informasi, data terakhir, Selasa, 7 Mei 2019 pukul 16.00 WIB, jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia sebanyak 456 orang.


Baca Juga : Ketua DPR Desak Pemerintah Cari Tahu Penyebab Ratusan Petugas KPPS Meninggal

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini