nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Bermagnitudo 4,3 Guncang Agam Sumbar, Terasa hingga 5 Wilayah

Rus Akbar, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 09:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 10 340 2053859 gempa-bermagnitudo-4-3-guncang-agam-sumbar-terasa-hingga-5-wilayah-B1RdJCKn4t.jpg Ilustrasi pendeteksian gempa. (Foto: Shutterstock)

PADANG Gempa berkekuatan magnitudo 4,3 yang berpusat di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengejutkan warga di lima wilayah. Pasalnya, sebagian dari mereka masih terlelap tidur usai sahur hingga terbangun dari tempat tidur karena diguncang gempa yang cukup kuat pada pukul 06.51 WIB.

"Saya tadi terbangun dari atas tempat tidur. Usai sahur tadi kan tidur, karena gempa, saya langsung terbangun dari tempat tidur, langsung keluar rumah, takut gempa susulan," kata Andi (25), salah satu warga Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Jumat (10/5/2019).

Gempa ini diketahui berada di titik koordinat 0,42 lintang selatan dan 99,50 bujur timur. Jaraknya 60 kilometer barat daya Agam.

Gempa tersebut dirasakan hingga beberapa kabupaten dan kota, seperti di seluruh Kabupaten Agam, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, Kota Padang, dan Kabupaten Pasaman Barat.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang Irwan Slamet mengatakan, gempa dengan kedalaman 11 kilometer ini merupakan gempa dangkal. "Jika memerhatikan letak sumber gempa bumi tersebut dengan kedalaman hiposenter yang dangkal ini mencirikan sebagai aktivitas Sesar Mentawai," katanya.

Irwan menambahkan, berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan gempa dirasakan hingga Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kota Padang, dan Kabupaten Pasaman Barat.

"Kepada masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Meski gempa cukup kuat, tidak ada laporan korban dan kerusakan bangunan yang terjadi. Dilaporkan juga bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini