nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasca-Kerusuhan Rutan Siak, 14 Napi Masih dalam Pengejaran Polisi

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Minggu 12 Mei 2019 00:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 12 340 2054553 pasca-kerusuhan-rutan-siak-14-napi-masih-dalam-pengejaran-polisi-VuCVVzVZn4.jpg Pemindahan narapidana Rutan Siak usai terjadi kerusuhan. (Foto: Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

PEKANBARU – Tim gabungan sudah menemukan 615 narapidana Rutan Siak, Riau, pasca-kerusuhan pada Sabtu dini hari kemarin. Namun, belasan tahanan hingga kini belum tertangkap.

"Ada 14 tahanan yang masih dalam pengejaran," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto, Sabtu 11 Mei 2019.

Dia menjelaskan, ratusan napi itu ada yang ditangkap saat kabur dan sebagian ada yang menyerahkan diri. Sementara 33 narapidana lainnya tetap bertahan di rutan saat kerusuhan.

(Baca juga: Rusuh, Rutan Siak Dibakar Narapidana)

Terkait kaburnya para narapidana, tim gabungan masih melakukan pengejaran. Polresta Pekanbaru dan Polres Pelawan yang lokasi berdekatan dengan Siak melakukan razia yang melibatkan puluhan personel.

"Kita lakukan pemeriksaan di berbagai lokasi dengan menurunkan 100-an anggota. Pemeriksaan dilakukan terhadap semua kendaraan yang masuk ke Kota Pekanbaru, baik itu dari dari Kecamatan Tenayan Raya, Kecamatan Rumbai, dan pintu masuk Kecamatan Rumbai Pesisir," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto.

Kerusuhan di Rutan Siak, Riau. (Foto: Banda Haruddin Tanjung/Okezone)

Hal yang sama juga dilakukan Polres Pelalawan dengan melakukan razia besar-besaran. "Kita kerahkan sebagian personel untuk menggelar razia. Selain itu, kita minta warga yang mengetahui ada orang mencurigakan untuk melapor," kata Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi.

(Baca juga: Kronologi Kerusuhan di Rutan Siak yang Berujung Pembakaran)

Kerusuhan di Rutan Kelas 2B Siak terjadi Sabtu 11 Mei 2019 dini hari. Kasus ini diduga dipicu penganiayaan narapidana oleh oknum sipir. Ratusan napi mengamuk dan membakar rutan.

Tidak hanya itu, mereka juga menjebol gudang senjata di rutan. Kasat Narkoba Polres Siak AKP Jailani bahkan sampai tertembak akibat kerusuhan ini.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini