nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasca-Rusuh, Tersisa 9 Napi Rutan Siak yang Belum Tertangkap

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 16:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 13 340 2055106 pasca-rusuh-tersisa-9-napi-rutan-siak-yang-belum-tertangkap-EEWDKwn2M6.jpg

JAKARTA - Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Riau Komisaris Besar Polisi, Sunarto mengatakan masih mengejar 9 orang tahanan yang belum tertangkap usai melarikan diri pasca kerusuhan dan pembakaran Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB atau Rutan Siak.

Sebelumnya kata Sunarto total ada 15 orang yang melarikan diri hari ini pihaknya berhasil menangkap 6 orang pelaku. "Tinggal 9 orang napi lagi (yang belum dirangkap)," kata Sunarto saat dikonfirmasi wartawan, Senin (13/5/2019).

Dari enam orang narapidana itu satu diantaranya diserahkan oleh pihak keluarga langsung kepada polisi. "Satu orang diserahkan oleh orang tuanya ke Polsek Minas," ungkapnya.

Adapun total jumlah tahanan dan warga binaan Rutan Siak adalah sebanyak 648 orang. Akibat insiden kerusuhan dan kebakaran bangunan rutan hampir semuanya hangus terbakar.

Maka dari itu, pihak kepolisian melakukan pemindahan terhadap para tahanan ke lembaga pemasyarakatan ataupun rutan di kabupaten/kota lainnya. Totalnya yang sudah dievakuasi ke Lapas dan rutan lain sebanyak 615 orang.

(Baca Juga: Dapat 265 Napi Titipan dari Siak, Karutan Sialang Bungkuk: Kami Sangat Over Kapasitas)

Rinciannya ke Rutan Bangkinang 81 orang, Rutan Anak Pekanbaru 12 orang, Lapas Klas II A Pekanbaru 26 orang perempuan, Rutan Gobah Pekanbaru 181 orang dan di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru 265 orang. Kemudian ke Rutan Bengkalis 45 orang dan Rutan Dumai lima orang.

Sementara tahanan yang belum dievakuasi adalah sebanyak 33 orang dengan dua sedang dirawat di RSUD Siak. Ada satu orang di Rutan Polsek Siak dan dalam pemerikasaan terkait kerusuhan di Satuan Reserse Kriminal Polres Siak sebanyak tujuh orang

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini