nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi Kejar-Kejaran dan Tembakan Warnai Penggerebekan Kampung Pembalakan Liar

Azhari Sultan, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 19:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 15 340 2056061 aksi-kejar-kejaran-dan-tembakan-warnai-penggerebekan-kampung-pembalakan-liar-aPrLcT1DHc.jpg Foto Istimewa

JAMBI - Aksi pembalakan liar (ilegal logging) masih terjadi di Jambi. Buktinya, tim Subdit III Tipidter Bareskrim Mabes Polri menemukan ribuan kubik kayu jenis meranti asal Provinsi Jambi di kawasan Hutan Produksi (HP) wilayah kelola KPHP Lahan MM Provinsi Sumatera Selatan.

Aksi kejar-kejaran dan tembakan warnai aksi penggrebekan di Desa Muara Pancoran, Kecamatan Bayung Lincir, Provinsi Sumatera Selatan. Sayang, para pelaku berhasil kabur melarikan diri, lantaran mengendus kedatangan petugas.

Kasubdit III, Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Mabes Polri, Kombes Irsan mengatakan, pendana dari pembalakan liar yang terjadi disini adalah Mustar.

"Saat ini pihaknya tengah memburu Mustar. Tadi kita juga sempat berhasil mengamankan salah satu pekerja yang bernama Muhammadiyah, tapi berhasil melarikan diri. Kita akan kejar dan tangkap mereka," tegasnya, Rabu (15/5/2019).

 sd

Dia menambahkan, untuk kubikasi yang dihasilkan oleh pembalakan liar ini per satu minggunya bisa mencapai 1.000 kubikasi.

"Saat ini, jarak dari kawasan Hutan Produksi (HP) yang dirambah oleh pembalak liar berkisar 1 kilometer menjelang kawasan hutan lindung," imbuh Irsan.

Dari keterangan pelaku yang kabur, ungkapnya, selain gudang, Mustar juga memiliki beberapa sawmil tempat pengolahan kayu.

"Untuk sawmil yang berada di dalam kawasan hutan produksi, Mustar memiliki sekitar 5 sawmil yang telah berdiri sejak lama. Sawmil milik Mustar baru satu bulan ini berdirinya," tukas Irsan.

Menurutnya, penindakan yang dilaksanakan pihaknya merupakan penindakan ilegal logging di wilayah Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

(wal)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini