nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Pelaku Pencurian Rp505 Juta di Kulonprogo Ditangkap saat Ngumpul Rencanakan Aksi Selanjutnya

Kuntadi, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 17:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 16 510 2056581 3-pelaku-pencurian-rp505-juta-di-kulonprogo-ditangkap-saat-ngumpul-rencanakan-aksi-selanjutnya-MQcyFrbRCA.jpg Polres Kulonprogo menyampaikan konferensi pers terkait pencurian uang Rp505 juta dengan modus kempis ban di Mapolres Kulonprogo, DIY, Kamis (16/5/2019). (Foto : Kuntadi)

KULONPROGO – Tiga tersangka kasus pencurian uang Rp505 juta dengan modus kempis ban diamankan ketika sedang berkumpul untuk melakukan aksi pencurian menjelang Lebaran. Mereka diamankan di wilayah Pemalang, Jawa Tengah, Rabu (15/5/2019).

Usai beraksi di Kulonprogo pada 20 Maret 2019, mereka kembali ke kampung halamannya di Palembang, Sumatera Selatan. Pada bulan puasa ini mereka berkumpul untuk melakukan aksi menjelang Lebaran di Semarang, Jawa Tengah.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Anggara Nasution mengatakan, tersangka ini diamankan di sebuah wisma di Pemalang. Saat itu ada lima orang yang diamankan. Namun, dua di antaranya tidak terlibat dalam kasus pencurian di Kulonprogo pada 20 Maret lalu, yang menimpa Kusman dengan kerugian Rp505 juta.

“Mereka ini kumpul lagi untuk merencanakan aksi pencurian di Semarang sebelum Lebaran,” tutur Anggara di Mapolres Kulonprogo, Kamis (16/5/2019).

Polres Kulonprogo konferensi pers terkait penangkapan 3 pelaku pencurian uang Rp505 juta dengan modus kempis ban di Mapolres Kulonprogo DIY, Kamis (16/5/2019). (Kuntadi)

Setelah beraksi di Kulonprogo dan menggasak Rp505 juta, para tersangka ini kembali ke Palembang. Uang hasil pencurian dibagi lima dengan bagian Har dan Ben masing-masing Rp65 juta, Fir yang menyampaikan informasi mendapatkan Rp30 juta, serta dua lainnya yang masih buron, yaitu Tar mendapatkan Rp65 juta dan Wan mendapatkan jatah Rp75 juta. Sisanya dibelikan mobil Honda BRV yang ikut disita dalam kasus ini.

“Uang mereka habis untuk berfoya-foya,” ucapnya.

Tersangka Fir mengaku baru pertama kali ikut dalam pencurian dengan pemberatan ini. Mereka berasal dari satu kampung di Palembang yang dalam aksi berbagi peran. Usai mencuri, uang dibagikan di Tol Kanci sebelum pulang.

“Uangnya sudah habis untuk beli baju dan makan,” katanya.


Baca Juga : Kehabisan Uang, Pasangan Selingkuh Nekat Mencuri Itik

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Kulonprogo AKP Ngadi mengaku masih melakukan penyelidikan. Dua tersangka Har dan Ben merupakan residivis dan pernah dipidana di Palembang. Sementara Fir belum ada catatan kepolisian.

“Pengakuan mereka baru satu kali beraksi bersama-sama di Kulonprogo,” katanya.


Baca Juga : 3 Pelaku Pencurian Rp505 Juta dengan Modus Kempis Ban Ditangkap di Kulonprogo

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini