BPN Tolak Hasil Pilpres, Akui Pileg, TKN: Harusnya Tolak Semua Kan Pemilu Serempak

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 07:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 16 605 2056282 bpn-tolak-hasil-pilpres-akui-pileg-tkn-harusnya-tolak-semua-kan-pemilu-serempak-ekCpPi0S6C.jpg Irma Suryani Chaniago (Okezone)

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma’ruf Amin menanggapi sikap Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga yang menolak hasil Pilpres, tapi menerima hasil Pileg 2019. Padahal, Pilpres dan Pileg 2019 digelar serentak pada waktu bersamaan.

Juru Bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Irma Suryani Chaniago heran dengan sikap BPN Prabowo-Sandiaga yang menurutnya egois hanya menolak hasil Pilpres yang jagoannya kalah saja.

"Kalau begitu pengen menang sendiri dong, enggak bisa kayak gitu, harus adil dong kalau mau nolak ya tolak semuanya. Jadi aneh saja, (hasil) Pilpres-nya ditolak, tapi Pileg-nya enggak, gimana ini? Kan pemilunya serempak, jadi artinya Pileg dan Pilpres-nya sepaket," ujarny Irma kepada Okezone, Kamis (16/5/2019).

Sebagaimana diketahui, hasil real count KPU saat ini Jokowi-Ma’ruf masih memimpin perolehan suara. Bahkan dari 26 provinsi yang sudah direkapitulasi suara nasional di KPU RI, Jokowi-Ma’ruf menang di 16 provinsi. Prabowo-Sandi hanya menang di 10 provinsi.

Prabowo dan Badan Pemenangannya menyatakan menolak mengakui hasil penghitungan suara tersebut.

Tapi, kubu pasangan 02 itu mengakui hasil Pileg yang saat ini Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo meraih suara terbanyak kedua setelah PDI Perjuangan. Berikutnya perolehan suara PAN, PKS dan Demokrat selaku koalisi Prabowo-Sandi juga signifikan, melebihi ambang batas parlemen.

Irma mempertanyakan sikap BPN Prabowo yang tidak mempercai KPU RI sebagai lembaga penyerenggara Pemilu dan menolak hasil Pilpres, padahal Prabowo-Sandiaga berkompetisi melalui pengesahan KPU.

"Kan Prabowo-Sandi ikut Pemilu yang diselegarakan oleh KPU, terus kalau mau nolak dan memilih menggunakan hasil versinya gimana dong? Apa itu namanya," ujarnya.

(Baca juga: BPN Prabowo Tegaskan Hanya Tolak Hasil Pilpres 2019, Pileg Tetap Terima)

Sebelumnya Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mengatakan, pihaknya hanya menolak penghitungan hasil Pilpres karena dianggap ada kecurangan. Tapi, tidak dengan Pileg.

“Pilpres saja, karena tidak urusan dengan Pileg-nya," katanya. (sal)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini