nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lapas Langkat Rusuh, Dirjen PAS: Kami Akan Penuhi Hak-Hak Warga Binaan

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 02:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 17 608 2056734 lapas-langkat-rusuh-dirjen-pas-kami-akan-penuhi-hak-hak-warga-binaan-mvhIy7VQbv.jpg Sri Puguh Budi Utama (Okezone)

JAKARTA - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkoba Simpang Ladang, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dilanda kerusuhan. Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kemenkumham, Sri Puguh Budi Utami mengklaim saat ini kondisi di lapas itu sudah kondusif.

”Warga binaan yang sempat berada di luar lapas, saat ini telah kembali ke kamar hunian masing-masing,” kata Utami, Kamis (16/5/2019).

Utami telah telah melakukan komunikasi melalui videocall dengan warga binaan atau narapidana Lapas Langkat yang antusias bergantian meneriakkan aspirasinya

“Kalian tenang, saya akan datang ke sana besok. Saya akan mendengarkan keluhan kalian. Saya minta kalian tenang, tertib dan kembali ke blok masing-masing,” kata Utami kepada warga binaan yang riuh rendah berteriak melalui ponselnya.Lapas Langkat

Kerusuhan di Lapas Langkat (Istimewa)

Melalui arahan jajaran Kanwil Sumatera Utara yaitu oleh Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Imigrasi, TNI, kepolisian dan petugas PAS, warga binaan secara sukarela tertib kembali ke kamar masing-masing.

“Jumlah warga binaan yang telah kembali ke kamar hunian, akan dipastikan setelah dilakukaan penghitungan secara cermat. Besok saya dan jajaran akan melakukan dialog secara langsung dengan warga binaan Lapas Langkat, menampung aspirasi mereka,” ujar Utami.

(Baca juga: Lapas Langkat Rusuh, Mobil Dibakar dan Banyak Napi Kabur)

“Kami akan konsisten memenuhi hak–hak mereka, namun kami juga tidak bergeming untuk tegas menghentikan peredaran narkoba di dalam lapas dan rutan,” kata Utami.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini