nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tri Dharma, Kelenteng Berusia 150 Tahun di Probolinggo Ludes Terbakar

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 18 Mei 2019 05:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 18 519 2057259 tri-dharma-kelenteng-berusia-150-tahun-di-probolinggo-ludes-terbakar-b8uzrPpU4q.jpg Kelenteng Tri Dharma terbakar. (Foto: Polresta Probolinggo)

PROBOLINGGO - Sebuah kelenteng berusia 150 tahun bernama Tri Dharma, di Sumber Naga di Kota Probolinggo, terbakar pada Jumat malam sekira Pukul 23.30 WIB.

Api diduga berasal dari lilin yang terjatuh dan mengenai kain di kelenteng. Si jago merah kemudian dengan cepat membesar membakar seluruh bagian bangunan kelenteng tertua ini.

Enam unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkot Probolinggo dan Pemkab Probolinggo dikerahkan untuk menjinakkan api, namun tiupan angin kencang membuat seluruh bangunan kelenteng tak bisa diselamatkan. Api sendiri baru berhasil dipadamkan 4 jam kemudian sekira Pukul 04.00 WIB.

Foto: Polresta Probolinggo

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengaku terkejut sekaligus prihatin dengan terbakarnya kelenteng yang menjadi salah satu bangunan cagar budaya di Kota Probolinggo.

"Ini diluar dugaan. Kelenteng ini merupakan bangunan cagar budaya di Kota Probolinggo, usinya 150 tahun,"ujar Hadi Zainal saat dihubungi Okezone, Sabtu (18/5/2019) pagi.

Dirinya mengaku akan mengevaluasi sistem keamanan sejumlah tempat penting di Kota Probolinggo dengan melengkapi sarana dan prasarana, termasuk alat pemadam kebakaran.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini