nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Malaysia Sita Ratusan Buaya Selundupan asal Indonesia

Antara, Jurnalis · Minggu 19 Mei 2019 22:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 19 340 2057631 polisi-malaysia-sita-ratusan-buaya-selundupan-asal-indonesia-illT9sNzpp.jpg Buaya (Foto: Ist)

NUNUKAN - Aparat Kepolisian Tawau Negeri Sabah, Malaysia menyita ratusan ekor buaya hidup yang diselundupkan dari Indonesia pada Sabtu 18 Mei 2019 sekitar pukul 10.30 waktu setempat.

Konsulat RI Tawau melalui Konsul Penerangan dan Sosial Budaya, Firma Agustina di Tawau, Minggu (19/5/2019) mengaku masih berkoordinasi dengan kepolisian negara itu.

Ia mengaku baru dapat informasi dari pemberitaan media massa setempat. Setelah mengetahui informasi ini, KRI Tawau akan menghubungi aparat keamanan negara itu untuk memastikan kewarganegaraan pelaku yang diamankan tersebut.

Sebelumnya, Pejabat Jabatan Hidupan Liar Sabah, Sailun Haris melalui pemberitaan media setempat pada Sabtu menyebutkan bahwa penyelundupan itu diketahui dari hasil operasi Kawasan Keselamatan Khas Pantai Timur Sabah (Esscom). Ratusan buaya selundupan itu totalnya mencapai 220 ekor, di mana masing-masing 215 ekor masih hidup dan lima lainnya telah mati.

Sailun Haris juga mengatakan, ada empat orang yang diamankan. Masing-masing dua WN Malaysia dan dua Warga negara Indonesia. “Keempat pelaku penyelundupan buaya ini ditengarai sindikat,” kata dia, dilansir dari Antaranews.

Buaya diselundupkan dengan cara dimasukkan dalam karung dan diangkut menggunakan perahu bermesin atau katinting. Barang bukti beserta empat pelaku yang ditemukan di hutan bakau Tawau itu telah ditahan untuk penyelidikan lebih lanjut.

(put)

Berita Terkait

Buaya

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini