MUI Imbau Semua Parpol Tunggu Pengumuman Resmi KPU

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Minggu 19 Mei 2019 18:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 19 605 2057588 mui-imbau-semua-parpol-tunggu-pengumuman-resmi-kpu-3DjJtvSnWV.jpg ilustrasi penghitungan suara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau kepada seluruh partai politik (parpol) untuk menunggu hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei 2019 mendatang.

"Mari kita tunggu pengumuman resmi KPU mari kita taat konstitusi dan patuhi aturan sebagai wujud kecintaan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia," kata Wakil Ketua Komisi Hukum MUI, Ikhsan Abdullah saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Minggu (19/5/2019).

Ikhsan menjelaskan, siapapun wajib taat dan menjaga situasi pasca-pemilu agar tetap kondusif tanpa kecuali. Selain itu, kata Ikhsan, masyarakat juga diberikan peran untuk menjaga mengawasi pada setiap proses dan tahapan pemilu.

"Semuanya diawasi masyarakat secara terbuka dengan melibatkan petugas KPPS, saksi peserta pemilu dan panwas," tutur Ikhsan.

Jika menemukan adanya kejanggalan, Ikhsan menyebut bahwa setiap pihak harus menempuh upaya hukum yang telah diatur dalam Undang-Undang. Oleh karena itu, dirinya menyerukan kepada pendukung pasangan calon yang bertarung pada Pilpres 2019 untuk tetap bersabar dan menunggu pengumuman dan penetapan resmi dari KPU yang akan diumumkan pada 22 Mei 2019 mendatang.

"Sambil terus mengawal rekapitulasi pada setiap tahapan dan mengumpulkan semua bukti bila diduga terjadi pelanggaran untuk disampaikan kepada Bawaslu dan ke MK bila membawa sengketa Pilpres ini sebagai saluran hukum yang disediakan oleh UUD 45," kata dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini