nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketua KPK Enggan Kritisi Pansel Calon Pimpinan Antirasuah Jilid V

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 16:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 20 337 2058021 ketua-kpk-enggan-kritisi-pansel-calon-pimpinan-antirasuah-jilid-v-JxBdEO9fiR.jpg Ketua KPK Agus Rahardjo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo enggan mengkritisi sosok sembilan panitia seleksi (Pansel) calon p‎impinan (capim) lembaga antirasuh jilid V. Sembilan pansel capim KPK tersebut diketahui telah disepakati dan diteken oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ya sudah ditentukan, ya enggak perlu mengkritik dari KPK, yang penting begini loh, nanti kan setelah ini ada pengumuman mengenai jadwal, mengenai SOP, bagaimana mereka melakukan pemilihan apa calon pimpinan KPK ya, komisioner KPK," kata Agus di Gedung Penunjang KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2019).

 Baca juga: KPK Jawab Isu Pansel Capim Lembaga Antirasuah Titipan Parpol

Menurut Agus, KPK maupun masyarakat Indonesia lebih baik mengawasi proses pemilihan calon pimpinan selanjutnya ketimbang mengkritisi sembilan pansel yang terbentuk. Dia meminta agar proses pemilihan pimpinan KPK jilid V berjalan transparan.

 Agus Rahardjo (Okezone)

"Jadi kalau menurut saya diawasi aja, kita rakyat Indonesia termasuk KPK ikut mengawasi setiap tahap itu. Jadi kalau misalkan setiap saat itu kita tahu jelas, transparan dibuka ke masyarakat tes ini diikuti berapa, kemudian kriterianya lulus apa itu Ya nanti kalau begitu kan baik," paparnya.

"Jadi sampai nanti terakhir Fit n proper dulu kan juga terbuka kan jadi kita awasi aja, kita kan kemarin bisa melihat kan mana yang kualitasnya bagus mana yang tidak," sambung Agus.

 Baca juga: Agus Rahardjo Isyaratkan Tak Daftar Kembali Jadi Pimpinan KPK

Agus berharap seluruh orang yang mempunyai integritas tinggi ‎dan jujur mendaftar sebagai pimpinan KPK. Kata Agus, semakin banyak orang yang mendaftar akan semakin bagus.

"Jadi mari kita dorong Jadi kalau anda punya kenalan yang kualitasnya bagus bagus, integritasnya nya bagus dorong untuk daftar, yang daftar itu harus sebanyak mungkin orang dan harus orang bagus itu ya," ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken atau menetapkan sembilan anggota Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid V masa jabatan tahun 2019-2023‎.

 Baca juga: 194 Orang Daftar sebagai Sekjen KPK

Berikut susunan keanggotaan Pansel sebagaimana berikut:

Ketua merangkap anggota:

Dr. Yenti Ganarsih, S.H., M.H.

Wakil ketua merangkap anggota:

Prof. Dr. Indriyanto Senoadji, S.H., M.H.

Anggota:

1. Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo

2. Prof. Dr. Marcus Priyo Gunarto, S.H., M.Hum.

3. Prof. Dr. Hamdi Moeloek

4. Dr. Diani Sadia Wati, S.H., LL.M.

5. Dr. Mualimin Abdi, S.H., M.H.

6. Hendardi, S.H.

7. Al Araf, S.H., M.T.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini