nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diancam Trump, Menlu: Iran Telah Berdiri Tegak Selama Ribuan Tahun

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 21 Mei 2019 11:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 21 18 2058336 diancam-trump-menlu-iran-telah-berdiri-tegak-selama-ribuan-tahun-zaSoPGbWXP.jpg Menlu Iran Mohammad Javad Zarif. Foto/Reuters

TEHERAN - Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif membalas ancaman Presiden Amerika Serikat yang mengejek genosida dengan mengatakan hal itu tidak akan mengakhiri Iran.

"Iran telah berdiri tegak selama ribuan tahun sementara semua agresor (penyerang) pergi. Terorisme ekonomi dan ejekan genosida tidak akan 'mengakhiri Iran'," tulis Zarif di Twitter.

"Jangan pernah mengancam orang Iran. Coba hormati—itu berhasil!" dia menambahkan.

Dalam tweet lain, Zarif menuduh Trump mengizinkan pihaknya untuk "membuang diplomasi" dan "menghasut kejahatan perang—dengan memeras tukang jagal lalim melalui penjualan senjata besar-besaran".

Foto/Reuters

Serangan oleh diplomat top Iran itu mengikuti peringatan yang tidak menyenangkan dari Trump, yang pada Minggu menyarankan republik Islam itu akan dihancurkan jika ia menyerang kepentingan AS.

"Jika Iran ingin bertarung, itu akan menjadi akhir resmi Iran. Jangan pernah mengancam Amerika Serikat lagi," cuit Trump.

BacaAyatollah: Iran Tidak Ingin Berperang dengan Amerika Serikat 

BacaIran Klaim Berhasil Ungkap Jaringan Ratusan Mata-Mata AS

Pada Senin malam, Trump mengatakan dia siap untuk berbicara jika Teheran mengambil langkah pertama.

Komentar terakhir Trump tampaknya ditujukan untuk menekan kembali kekhawatiran bahwa pemerintahannya mendorong perang.

"Kami tidak memiliki indikasi bahwa sesuatu akan terjadi atau akan terjadi," katanya kepada wartawan di Gedung Putih ketika ditanya tentang ancaman Iran terhadap kepentingan AS, menambahkan, "Kami tidak memiliki indikasi bahwa mereka akan melakukannya."

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini