nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada 92 Titik Rawan Bencana di Jalur Selatan Jabar

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 22 Mei 2019 15:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 22 525 2059033 ada-92-titik-rawan-bencana-di-jalur-selatan-jabar-C6THinHsya.jpg

BANDUNG - Jalur selatan Jawa Barat (Jabar), kerap menjadi jalur favorit masyarakat saat memasuki musim mudik untuk setiap lebaran.

Pada musim mudik tahun ini, secara umum jalur selatan siap dilalui pemudik baik yang menggunakan mobil atau motor untuk arus mudik dan balik.

Namun begitu ada 92 titik rawan bencana pada jalur tersebut yang harus diwaspadai. titik rawan tersebut terdiri dari bencana longsor, banjir dan tanah ambles.

Jalur Selatan Jabar

"Ada 92 titik rawan bencana. Rawan longsor ada 73 titik, 11 titik rawan banjir dan 8 titik rawan ambles," ujar Kabid Pemeliharaan dan Pembangunan dari Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat, Agus Hendrarto di Bandung, Rabu (22/5/2019).

Adapun titik jalan rawan itu berada di wilayah Sukabumi - Tegal Buleud, Jalur Cianjur – Sindang Barang, Jalur Pangalengan - Rancabuaya , Jalur Garut – Pamengpeuk dan Jalur Tasiklamaya – Cipatujah. Jalur tersebut, harus di hindari saat hujan lebat terjadi.

(Baca Juga: Polisi Petakan Titik Rawan Kecelakaan di Jalur Tol Cipularang dan Cipali)

Selain rawan, jalur selatan Jabar juga minim penerangan jalan umum (PJU). Jalur selatan yang memiliki panjang 2.360,58 kilometer milik Provinsi Jawa Barat, terbilang cukup mulus dan konturnya pun tidak curam menanjak atau menurun. Meski begitu, tetap ada perbaikan di beberapa titik seperti perataan jalan dan penambalan lubang.

"Memang ada beberapa titik yang sedang kita lakukan perataan dan penambalan lubang. Insyallah H-10 kita sudah siap dilalui arus mudik," ucapnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini