nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa M8,0 Guncang Peru, Bangunan dan Fasilitas Umum Roboh

Hantoro, Jurnalis · Senin 27 Mei 2019 08:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 27 18 2060723 gempa-m8-0-guncang-peru-bangunan-dan-fasilitas-umum-roboh-C7GZjgzfmw.jpg Dampak gempa bermagnitudo 8,0 di Peru. (Foto: Firefigters of Peru via Associated Press)

LIMA – Gempa berkekuatan magnitudo 8,0 menghantam bagian terpencil hutan Amazon di Peru pada Minggu dini hari. Gempa ini merobohkan bangunan dan fasilitas umum listrik di beberapa daerah. Kemudian dilaporkan satu orang meninggal dunia akibat gempa dahsyat tersebut.

Gempa itu terjadi pada pukul 02.41 waktu setempat dan berpusat di kawasan cagar alam yang luas 92 mil (92 kilometer) timur kota kecil Yurimaguas. Menurut Survei Geologi AS, gempa berada pada 70 mil (114 kilometer) di bawah permukaan.

Presiden Peru Martín Vizcarra menyerukan agar warga tenang, sebelum ia melakukan perjalanan ke wilayah gempa tersebut bersama anggota kabinetnya untuk memeriksa kerusakan. Dia mengatakan, laporan pertama menunjukkan jembatan runtuh dan beberapa rumah serta jalan rusak.

"Ini adalah gempa yang dirasakan di seluruh hutan Peru," kata Vizcarra, yang dijadwalkan akan menjadi tuan rumah KTT regional pada Minggu di ibu kota Lima bersama Presiden Bolivia, Kolombia, dan Ekuador, seperti dikutip dari AP News, Senin (27/5/2019).

(Foto: AP)

Ricardo Seijas, kepala Pusat Operasi Darurat Nasional Peru, mengatakan satu orang meninggal ketika sebuah batu jatuh di sebuah rumah di Distrik Huarango.

Sebuah survei pendahuluan oleh pihak berwenang menemukan enam orang terluka dan 27 rumah rusak di tujuh provinsi. Tiga sekolah, tiga rumah sakit, serta dua gereja juga mengalami kondisi serupa.

Di Yurimaguas, menurut Pusat Operasi Darurat Nasional Peru, sebuah jembatan dan beberapa rumah tua runtuh, serta aliran listrik terputus.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan warga di beberapa bagian negara itu panik ketika gempa mengguncang bangunan. Gempa tersebut juga membangunkan orang-orang di ibu kota Lima yang tampak ketakutan.

"Itu gempa yang sangat panjang," kata Maria Brito yang tinggal di lantai lima sebuah apartemen di Lima, "Itu bisa lebih buruk, dan untungnya itu sudah berakhir."

Gempa bumi memang sering terjadi di Peru yang terletak di Cincin Api Pasifik. Pada 15 Agustus 2007, gempa dengan ukuran yang sama melanda dekat ibu kota Lima dan menewaskan lebih dari 500 orang.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini